• Rabu, 30 November 2022

Jadikan Modal Sosial Pembangunan, Lurah Purwakarta Ajak Pegawai dan Warga Rawat Kekeluargaan

- Jumat, 26 Agustus 2022 | 18:50 WIB
Jadikan modal sosial pembangunan, Lurah Purwakarta ajak pegawai dan warga rawat kekeluargaan. (Uri/BantenRaya.Com)
Jadikan modal sosial pembangunan, Lurah Purwakarta ajak pegawai dan warga rawat kekeluargaan. (Uri/BantenRaya.Com)

BANTENRAYA.COM – Modal sosial menjadi salah satu yang jalan meningkatnya partisipasi masyarakat dalam pembangunan diberbagai bidang.

Salah satu jalan untuk terus memupuk modal sosial adalah dengan merawat kekeluargaan antar pemerintah dan warga.

Hal tersebut menjadi salah satu yang juga terus terjaga antara Pemerintah Kelurahan Purwakarta, Kecamatan Purwakarta dengan warga.

Baca Juga: Pejabat dan Pegawai DKPP Cilegon Gelar Jumsih, Jadikan Kantor Sebagai Rumah Kedua

Dimana satu sama lainnya bisa terus saling mengisi dan tidak ada sekat untuk bisa saling melengkapi dalam pembangunan.

Lurah Purwakarta Sri Mulia menyampaikan, sebagai pimpinan dirinya selalu terus mengajak semua pegawai untuk bersama-sama dan bekerja sama, termasuk juga bagaimana hubungan dengan warga seperti keluarga sendiri, tidak ada sekat.

“Jadi sudah seperti bukan lagi orang lain. Kami terus berharap bisa menjaga kekeluargaan dan kebersamaan,” ucapnya, Jumat 26 Agustus 2022.

Baca Juga: 73 Pejabat Administrator Eselon III di Lingkungan Pemkab Pandeglang Dilantik

Hasilnya, jelas Lia panggilan Sri Mulia, seluruh pegawai dan warga justru memiliki ikatan dan saling mendukung berbagai program yang dilakukan, baik itu pembangunan infrastruktur, sosial, budaya dan perekonomian.

“Bahkan, kami berharap ini bisa terus dipertahankan. Dimana metode partisipasi pembangunan bisa dimulai dari kesamaan visi dan kebersamaan seperti layaknya keluarga besar. Sebab, sejatinya kita semua membangun membutuhkan partisipasi dari warga sendiri,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Ketua RT 13, RW 05 Lingkungan Wates Telu Ros Liana, dimana sebagai salah satu stakeholder mengapresiasi apa yang dilakukan lurah, dimana semua warga dan RT dianggap menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam pembangunan yang dilakukan.

Hal itu membuat dirinya juga tidak segan untuk membantu, salah satu yang dilakukan yakni memberikan honor RT miliknya untuk uang kas RT dan digunakan untuk warga.

Bahkan, seringkali dirinya juga datang ke kelurahan untuk melakukan makan bersama sebagai langkah menjaga harmonisasi dengan pegawai dan pejabat kelurahan.

“Hari ini saya juga datang membawa tumpeng, selain sedang melakukan ulang tahun juga ini menjadi bagian dari menjaga kebersamaan dan merawat kekeluargaan agar lebih dekat dan semakin hangat kondisinya,” ucapnya.

“Saya juga memberikan uang honor kepada kas RT untuk dipergunakan dalam rangka mendorong berbagai kegiatan yang ada di RT,” jelas Ibu Bhayangkari ini. ***

Editor: M Hilman Fikri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X