• Rabu, 28 September 2022

Nama Jalan di Kota Serang akan Menggunakan Aksara Arab Pegon

- Senin, 18 Juli 2022 | 22:11 WIB
Dua pegawai Dindikbud Kota Serang mengangkat plang nama jalan menggunakan aksara Arab Pegon. Hal itu dilakukan pada acara ekspose penetapan cagar budaya di Hotel Flamengo, Kota Serang, Senin (18/7/22). (Harir Baldan Banten Raya)
Dua pegawai Dindikbud Kota Serang mengangkat plang nama jalan menggunakan aksara Arab Pegon. Hal itu dilakukan pada acara ekspose penetapan cagar budaya di Hotel Flamengo, Kota Serang, Senin (18/7/22). (Harir Baldan Banten Raya)

BANTENRAYA.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Serang meminta penamaan jalan menggunakan aksara Arab Pegon segera dilakukan.

Sebab penggunaan aksara Arab Pegon untuk melestarikan budaya di Kota Serang.

Rencana penamaan aksara Arab Pegon ini diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Serang Nanang Saefudin, dalam acara ekspose penetapan cagar budaya yang dihelat di Hotel Flamengo, Kota Serang, Senin 18 Juli 2022.

Baca Juga: Profil dan Biodata Fajar Fathurrahman, Pemain Muda Terbaik Piala Presiden 2022

"Saya minta tahun 2023 kalau bisa ada role model. Satu komplek aja buat sampel, nama gang-gangnya pakai huruf Arab Pegon," ujar Nanang Saefudin, dalam sambutannya.

Nanang Saefudin mengaku tidak keberatan bila perumahannya dijadikan role model dalam penggunaan aksara Arab Pegon.

"Bila perlu komplek saya. Ini jadi kebanggaan saya. Misalkan di komplek semua dipasang huruf Arab Pegon, nama latinnya ada, nama Arab pegonnya ada," jelas dia.

Baca Juga: Sudah Dibongkar Pemda, Tempat Hiburan Malam di Kabupaten Serang Tetap Nekad Beroperasi

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Serang Alpedi Kota Serang mengatakan, aksara Arab Pegon sudah diterapkan, namun belum dilaksanakan.

"Memang kan kita ada instansi lain. Bukan dari instansi kita. Arab Pegon itu untuk menjadikan nama-nama gang, nama-nama jalan. Nah itu kan ada instansi lain yang melaksanakan, tapi itu sudah ada," jelas Alpedi.

Kata Alpedi, penggunaan aksara Arab Pegon perlu momen yang tepat, karena untuk penamaan gang atau jalan dengan aksara Arab Pegon harus melibatkan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

"Ini perlu waktu yang tepat ya. Kayak di Jawa, Aceh. Untuk seperti itunya tidak bisa kami jalan sendiri. Harus dengan instansi terkait," katanya.

Alpedi berharap aksara Arab Pegon segera diimplementasikan di lingkungan masyarakat Kota Serang.

"Semuanya. Itu nanti semuanya. Nama jalan, nama kantor, nama gang. Diharapkan seperti itu. Tapi nanti tindak lanjut nya setelah teman-teman hadir ini, OPD ini kita rumuskan kapan itu harus  dilaksanakan.ini kayaknya sudah mendesak harus dilakukan segera. Tunggu nanti hasil keputusan," terangnya. *

Editor: M Hilman Fikri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkot Serang Minta ASPEDI Serap Tenaga Kerja

Kamis, 15 September 2022 | 08:05 WIB

KUA PPAS Kota Serang Tahun 2023 Bertambah 2 Miliar

Jumat, 12 Agustus 2022 | 07:52 WIB
X