• Sabtu, 3 Desember 2022

Disdukcapil Kota Serang Luncurkan Program Melayani Tanpa Batas Waktu Atau Metu

- Jumat, 3 Juni 2022 | 19:51 WIB

BANTENRAYA.COM -- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Serang mengeluarkan inovasi program yang dinamakan dengan metu yang merupakan akronim dari melayani tanpa batas waktu.

Program metu akan melayani masyarakat yang akan mengurus dokumen kependudukan apa pun jenisnya dan tidak dibatasi oleh waktu ketika pelayanan itu dibuka di kecamatan yang sudah dijadwalkan.

Kepala Disdukcapil Kota Serang Dulbarid mengatakan program metu merupakan inovasi yang dibuat untuk menjawab adanya sejumlah aspirasi dari masyarakat yang merasa kesulitan ketika mengurus dokumen kependudukan di kantor Disdukcapil Kota Serang yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman Kota Serang.

Untuk itu, pihaknya menjadwalkan secara pergantian di semua kecamatan dan menggelar pelayanan yang diberi nama metu.

“Metu dalam bahasa Jawa Serang berarti keluar,” kata Dulbarid, Jumat, 3 Juni 2022.

Selama pelayanan ini, kata Dulbarid, masyarakat bisa membuat dan mengurus dokumen kependudukan apapun mulai dari KTP elektronik, kartu keluarga, kartu identitas anak, akte kelahiran, akte kematian, dan lain sebagainya.

Pada program metu ini di Disdukcapil Kota Serang akan menerjunkan satu unit mobil berisi perlengkapan lengkap pencetakan dokumen kependudukan.

Dengan demikian, dokumen kependudukan masyarakat bisa dicetak saat itu juga dengan catatan tidak ada masalah dengan server, jaringan, listrik, dan lainnya.

Dulbarid mengklaim masyarakat sangat antusias antusias menyambut program metu ini. Hal itu terbukti dari membludaknya permintaan masyarakat yang mengurus dokumen kependudukan ketika metu dibuka.

Dia mencontohkan, ketika program metu diluncurkan pertama kali di Kecamatan Taktakan ada 500 orang yang mengurus dokumen kependudukan selama satu hari itu.

Antusiasme masyarakat untuk mengurus dokumen kependudukan mereka melalui program metu menurutnya melebihi dari partisipasi masyarakat ketika membuat dokumen kependudukan di kantor Disdukcapil Kota Serang.

Sekretaris Disdukcapil Kota Serang Dinar Tricahyani menambahkan, program metu idealnya dapat dilakukan di seluruh kecamatan yang ada di Kota Serang sehingga pelayanan metu bisa dilakukan setiap hari di semua kecamatan secara serentak.

Namun karena keterbatasan fasilitas pendukung, terutama mobil dan peralatan pencetakan dokumen kependudukan, maka pelayanan program metu hanya dapat dilakukan secara bergiliran di setiap kecamatan setiap minggunya. ***

Editor: M Hilman Fikri

Tags

Terkini

Stunting di Kota Serang Hampir Mencapai 2.000 Kasus

Kamis, 1 Desember 2022 | 06:27 WIB
X