• Rabu, 5 Oktober 2022

Kolaborasi Telkom, Laz Harfa, dan F-PTK Perluas Konservasi Terumbu Karang di Pulau Badul

- Kamis, 31 Maret 2022 | 11:04 WIB
Konservasi terumbu karang di Kawasan Pulau Badul tepatnya di Kecamatan Sumur, Pandeglang. (Yanadi/Bantenraya.com)
Konservasi terumbu karang di Kawasan Pulau Badul tepatnya di Kecamatan Sumur, Pandeglang. (Yanadi/Bantenraya.com)

BANTENRAYA.COM - Konservasi terumbu karang di Kawasan Pulau Badul tepatnya di Kecamatan Sumur, Pandeglang, Banten mendapat perhatian PT Telkom Indonesia bersama Laz Harfa, dan Forum Pelestari Terumbu Karang (F-PTK) Banten.

Gerakan konservasi terumbu karang dilaksanakan dengan melibatkan nelayan dan komunitas alam di Pandeglang. Konservasi ini merupakan gerakan kedua yang dilaksanakan.

Gerakan pertama sudah dilakukan pada Agustus 2021 lalu dengan menanam sekitar 300 rak laba-laba terumbu karang di Pulau Badul yang sudah mulai tumbuh dan berkembang. Kali ini, Telkom menyediakan sekitar 500 rak laba-laba secara bertahap.

Baca Juga: Sopir Truk dan Bus di Cilegon Kesulitan Cari Solar, Antre Berjam-jam

Pengelola Program Sosial dan Lingkungan Community Development Center (CDC) Telkom Indonesia, Dian Lestari menerangkan, penanaman ratusan rak laba-laba terumbu karang merupakan upaya perluasan konservasi yang sudah digagas tahun lalu.

"Karena masih banyak ruang untuk melakukan rehabilitasi akibat pernah tersapu tsunami 2018, kami melakukan kegiatan yang kedua untuk mendukung pelestarian alam di Indonesia," ujar Dian, usai peluncuran program perluasan konservasi terumbu karang kawasan Pulau Badul, di Kampung Ketapang, Desa Tunggaljaya, Kecamatan Sumur, Kamis 30 Maret 2022.

Dian menilai, konservasi terumbu karang tidak hanya bermanfaat untuk sektor pariwisata, tapi juga dapat meningkatkan produktivitas tangkapan nelayan.

Baca Juga: Muslim Perlu Tahu, Ini Dalil Ziarah Kubur Sebelum Ramadan

"Kita melihat urgensi untuk melaksanakan program ini, karena daerah Pulau Badul punya potensi untuk pariwisata, tapi rusak akibat tsunami sehingga mengurangi produktivitas warga dari segi pariwisata termasuk juga produktivitas nelayan dalam penangkapan ikan," terangnya.

Dian menyampaikan, sejalan dengan salah satu fokus program Telkom Indonesia di bidang lingkungan. Oleh karena itu, program tersebut dapat terus berkelanjutan untuk mengembalikan dan memperbaiki ekosistem laut yang membawa banyak manfaat bagi lingkungan serta masyarakat sekitar.

Halaman:

Editor: Muhaemin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkab Pandeglang Jamin Harga Gas Melon Normal

Kamis, 10 Maret 2022 | 14:37 WIB

MPP Pandeglang Raih Penghargaan dari Kemenpan RB

Selasa, 8 Maret 2022 | 18:17 WIB
X