• Kamis, 8 Desember 2022

Menuju Smart City, Diskominfo Cilegon Kembangkan Sistem Cloud Computing

- Kamis, 10 Maret 2022 | 17:28 WIB
Suasana rapat virtual meting tim Kota Cilegon dengan google (Gillang/bantenraya.com)
Suasana rapat virtual meting tim Kota Cilegon dengan google (Gillang/bantenraya.com)

BANTENRAYA.COM- Dinas Komunikasi dan Informatika Sandi dan Statistik atau Diskominfo Kota Cilegon melakukan virtual meeting dengan tim dari Google Indonesia. 

Dalam virtual meeting yang berlangsung pada Kamis 10 Maret 2022, diantaranya membahas tentang teknologi Cloud Computing yang selama ini digunakan oleh Google. 

Guna menjawab tantangan di era teknologi seperti saat sekarang ini, pemerintah daerah perlu mengikuti perkembangan yang ada agar layanan berbasis digital dapat terus semakin berjalan optimal dalam rangka mendukung visi pembangunan Kota Cilegon menuju kota yang modern.

Kepala Diskominfo Kota Cilegon Didin S Maulana mengatakan, teknologi Cloud Computing atau teknologi komputasi awan ini merupakan sebuah teknologi dalam proses pengolahan daya komputasi melalui jaringan internet, yang memiliki fungsi agar dapat menjalankan program melalui komputer yang telah terkoneksi satu sama lain pada waktu yang bersamaan. 

Teknologi ini, kata Didin, mengedepankan pola kolaborasi sehingga dalam pelaksanaan pekerjaan tidak terbatas pada ruang dan waktu.

Baca Juga: 14 Korban Indra Kenz Lapor Polisi, Total Kerugian Capai Rp25,6 Miliar

Cloud Computing ini menjadi salah satu solusi dalam upaya meningkatkan efisiensi dan efektivitas baik dari sisi kinerja operasional maupun investasi hardware.

“Pelaksanaan virtual meeting ini bertujuan untuk memberikan gambaran pola kinerja di era 4.0 menuju 5.0, sehingga semua kinerja tidak terkendala ruang dan waktu. Dengan harapan ke depan khususnya di Kota Cilegon ini dapat bekerja secara berkolaborasi dengan dukungan tools yang dapat memudahkan dalam penyelesaian suatu pekerjaan di lingkungan Pemerintah Kota Cilegon”, kata Didin. 

Dalam kesempatan yang sama, Analis Kebijakan Sub Koordinator Layanan SPBE pada Diskominfo Kota Cilegon Adi Tri Prasetyo menuturkan, dari sisi regulasi, implementasi kota cerdas mengacu pada standar yang telah ditetapkan secara nasional, yakni ISO 37122:2019. 

Halaman:

Editor: Wisnu A Mahendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X