• Kamis, 30 Juni 2022

Kemenkominfo Cek Kesiapan Call Center 112 Kota Cilegon Untuk Hadapi Bencana

- Selasa, 1 Maret 2022 | 21:27 WIB
    Kunjungan rombongan Kemenkominfo RI diterima pejabat Diskominfo Kota Cilegon di Gedung Diskominfo Kota Cilegon, Selasa, 1 Maret 2022.  (Humas Pemkot Cilegon)
Kunjungan rombongan Kemenkominfo RI diterima pejabat Diskominfo Kota Cilegon di Gedung Diskominfo Kota Cilegon, Selasa, 1 Maret 2022. (Humas Pemkot Cilegon)

BANTENRAYA.COM- Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia atau Kemenkominfo RI melalui Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika melakukan monitoring operasional Call Center 112 di Pemerintah Kota Cilegon, Selasa, 1 Maret 2022.

Rombongan dari Kemenkominfo dipimpin oleh Sub Koordinator Perencanaan dan Pembangunan Infrasus Pitalebar Agung Setio Utomo. Rombongan dari Kemenkominfo RI berdiskusi berkaitan dengan operasional Call Center 112 Pemkot Cilegon. 

Kunjungan kerja Kemenkominfo RI menindaklanjuti adanya Surat dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Nomor : GF.00.02/001/KB/II/2022 tanggal 8 Februari 2022 perihal Laporan Mitigasi Bahaya Kegempaan dan Tsunami kawasan Industri Cilegon. 

Di mana kawasan strategis Cilegon memiliki potensi bahaya gempabumi dan tsunami. Rombongan diterima langsung oleh Kepala Diskominfo Kota Cilegon Didin S Maulana bertempat di Ruang Call Center 112 Diskominfo Kota Cilegon.  

Sub Koordinator Perencanaan dan Pembangunan Infrasus Pitalebar Agung Setio Utomo mengatakan, pihaknya sedang memetakan kondisi eksisting yang saat ini telah berjalan dan dilaksanakan pada Call Center 112 Pemkot Cilegon. Call center 112 sebagai bagian dari langkah preventif terhadap terjadinya kemungkinan terburuk jika terjadi gempa bumi dan tsunami. 

Agung menjelaskan, sebagai langkah preventif, adalah perlunya sosialisasi Call Center 112 secara masif untuk seluruh lapisan masyarakat, di samping membangun dan memperkuat sistem mitigasi gempa bumi dan tsunami.

Baca Juga: Gempa Bumi 5.3 Magnitudo Guncang Meulaboh Aceh, Tidak Berpotensi Tsunami

Sebagai upaya Kemenkominfo RI dalam sosialisasi kewaspadaan dini kepada masyarakat luas, direncanakan dalam proses Auto Switch Off atau ASO pada perangkat televisi yang direncanakan akan berlangsung mulai akhir Maret 2022 ini untuk wilayah Banten I, mencakup Kota Serang, Kota Cilegon dan Kabupaten Serang. 

 "Televisi akan disertakan dengan fitur notifikasi kebencanaan yang secara otomatis akan muncul pada layar televisi yang telah diseting dengan perangkat STB jika terjadi gempa bumi dan tsunami. Hal ini tentu menjadi salah satu media sosialisasi yang dapat langsung diterima oleh masyarakat," ucapnya. 

Halaman:

Editor: Wisnu A Mahendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Alumni SMPN 3 Cilegon Gelar Reuni Akbar

Senin, 14 Maret 2022 | 14:00 WIB
X