• Rabu, 5 Oktober 2022

Disnakertrans Provinsi Banten akan Cabut Penghargaan K3 PT MCCI

- Jumat, 25 Februari 2022 | 07:10 WIB
Wagub Banten Andika Hazrumy menyerahkan penghargaan kepada perusahaan yang mendapatkan penghargaan K3, salah satunya PT MCCI di Kota Cilegon. Namun karena pada Rabu lalu terjadi ledakan di PT MCCI, maka penghargaan itu akan dicabut oleh Disnakertrans Banten. (tohir/ Banten Raya .Com)
Wagub Banten Andika Hazrumy menyerahkan penghargaan kepada perusahaan yang mendapatkan penghargaan K3, salah satunya PT MCCI di Kota Cilegon. Namun karena pada Rabu lalu terjadi ledakan di PT MCCI, maka penghargaan itu akan dicabut oleh Disnakertrans Banten. (tohir/ Banten Raya .Com)

 

BANTEN RAYA - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Banten akan mencabut penghargaan Keamanan dan Keselamatan Kerja (K3) yang diberikan untuk PT Mitsubishi Chemical Indonesia (MCCI), Kota Cilegon, Banten, akibat adanya ledakan pada pabrik itu pada Rabu (23/2) lalu. Penghargaan K3 terpaksa dicabut dari PT MCCI karena masih terjadi kecelakaan kerja di perusahaan itu.

Kepala Bidang Pengawasan Ketenagakerjaan Disnakertrans Provinsi Banten Ruli Riatno mengatakan, adanya kecelakaan di PT MCCI membuat Disnakertrans Provinsi Banten akan mengevaluasi atau meninjau ulang penghargaan yang secara simbolis sudah diberikan Pemerintah Provinsi Banten kepada perusahaan. Sebab dalam berita acara disepakati perusahaan harus menjaga agar tidak terjadi kecelakaan di tempat kerja sampai penghargaan diberikan. 

"Kalau ada kecelakaan, ya kita tinjau ulang," kata Ruli, Kamis (24/2). 

Diketahui, pada Selasa dini hari terjadi ledakan di PT MCCI di Kota Cilegon. Lalu pada siang hari di hari yang sama, Pemerintah Provinsi Banten melalui Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy memberikan penghargaan K3 ke 433 perusahaan di Banten, salah satunya PT MCCI.

Baca Juga: Anggota DPR RI Minta Pelaku Penimbunan Minyak Goreng Dihukum Berat

Ruli mengungkapkan, sampai saat ini tim dari Disnakertrans Provinsi Banten masih terus mengumpulkan informasi tentang ledakan di PT CCMI. Sampai saat ini masih belum diketahui secara jelas penyebab ledakan tersebut. Namun informasi sementara yang dia terima tidak ada korban jiwa dalam musibah itu. 

Peninjauan ulang penghargaan untuk PT CCMI dilakukan karena public pasti akan mempertanyakan bila penghargaan itu tetap diberikan. Publik pasti akan bertanya mengapa perusahaan yang masih terjadi kecelakaan masih diberi penghargaan. Meskipun sampai saat ini belum diketahui apakah ledakan itu terjadi karena kesalahan manusia atau murni kecelakaan. 

Selain itu, bila PT MCCI tetap diberikan penghargaan, maka ketika akan diajukan untuk perlombaan K3 terbaik secara nasional, Kementerian Ketenagakerjaan RI juga akan menolak perusahaan yang masih terjadi kecelakaan. Sebab semua perusahaan yang diberikan penghargaan akan diusulkan seluruhnya ke kementrian. 

Halaman:

Editor: Wisnu A Mahendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X