• Kamis, 18 Agustus 2022

Peringati Hari Kanker, KPKPKT dan YKPI Jalin Kerjasama Atasi Bahaya Kanker Payudara di Kabupaten Tangerang

- Kamis, 17 Februari 2022 | 10:14 WIB
Bupati Tangerang Zaki Iskandar menyaksikan penandatanganan Mou (Dokumen Pemkab Tangerang)
Bupati Tangerang Zaki Iskandar menyaksikan penandatanganan Mou (Dokumen Pemkab Tangerang)

BANTENRAYA.COM - Baru-baru ini Komunitas Peduli Kanker Payudara Kabupaten Tangerang (KPKPKT) dan Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) menandatangani kesepakatan kerjasama dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia secara virtual di Gedung Pendopo Bupati Tangerang Jl. Ki Samaun Kota Tangerang.

Kerjasama tersebut bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan pemahaman masyarakat dalam penanganan penyakit kanker payudara di Kabupaten Tangerang dan sekitarnya.

Dikutip Bantenraya.com dari laman resmi Pemkab Tangerang pada Kamis 17 Februari 2022, berdasarkan data Rumah Sakit Umum Kabupaten Tangerang, sebagai RS rujukan tingkat Provinsi Banten, didapatkan angka penderita kanker payudara di Provinsi Banten cukup tinggi. Pada tahun 2019 saja pasien yang berobat sebanyak 4289 pasien, dimana sekitar 12% atau 503 penderita merupakan pasien baru.

"Kebanyakan dari pasien ini merupakan pasien dengan stadium lanjut yang angka kesakitan dan kematiannya sangat tinggi sekali," ungkap Yuli Zaki Iskandar, Rabu, 16 Februari 2022.

Baca Juga: Kota Tangsel Belum Beri Sinyal Ingin Buang Sampah ke Kota Serang

Menurut Yuli Zaki Iskandar yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tangerang, edukasi kepada para wanita di Tangerang akan pentingnya melakukan deteksi lebih dini jika mereka merasakan ada gangguan atau mengarah kanker payudara sangat diperlukan.

"Kita terus memberikan pemahaman kepada masyarakat Kabupaten Tangerang, khususnya para kader PKK desa untuk mendeteksi lebih awal akan gejala dan bahayanya kanker payudara," ujar Yuli.

Ibu Yuli Zaki Iskandar berharap melalui KPKPKT ini diharapkan dapat membuka wawasan dan kepedulian tentang kelainan atau keganasan pada payudara khususnya untuk ibu-ibu di Kabupaten Tangerang.

Baca Juga: Mau Gabung dengan ICW? Ada Posisi Sekretaris ICW yang Kosong

Halaman:

Editor: Wisnu A Mahendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X