• Sabtu, 3 Desember 2022

Pilkades Serentak di 67 Desa di Kabupaten Lebak Digelar Oktober 2022

- Rabu, 9 Februari 2022 | 19:36 WIB
Pelaksanaan Pikades serentak di Kabupaten Lebak 2021 lalu (Dok Bantenraya)
Pelaksanaan Pikades serentak di Kabupaten Lebak 2021 lalu (Dok Bantenraya)

BANTENRAYA.COM - Tahun ini Pemkab Lebak akan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 67 desa yang tersebar di 28 kecamatan. Jika tidak aral melintang, Pilkades serentak dijadwalkan digelar Oktober 2020 mendatang. 

Kepala DPMD Lebak, Babay Imroni yang dihubungi melalui telepon genggamnya, membenarkan bila di 67 desa akan digelar pilkades. Namun karena masih menunggu Perturan Bupati (Perbup) tentang Pilkades, termasuk hari dan tanggalnya.

"Pilkades akan digelar Oktober 2022 dan tahapan yang sedang kami tunggu karena akan dituangkan dalam Perbup. Setelah itu, baru kami akan melaksanakan tahapan-tahapan berikutnya,"ujar Babay, Rabu 9 Februari 2022.

Baca Juga: Diduga Langgar Aturan Sekolah, Guru Ini Tega Bakar Sepatu Siswa

Ketika ditanya, berapa anggaran yang disiapkan untuk pilkades di 67 desa tersebut, menurut Babay sudah ditetapkan Pemkab, yaitu sebesar Rp 50 juta perdesa. Sedangkan peruntukan dana tersebut yaitu biaya honorarium pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan pikades tingkat desa, biaya pembelian alat tulis kantor, biaya pembuatan tempat pemungutan suara dan lain-lain.

"Mengingat pilkadesnya pada Oktober, maka kemungkinan sekitar Mei sudah dibuka pendaftaran bagi para calon kadesnya," kata Babay.

Ditemui terpisah, Asisten Daerah (Asda) I Bidang Pemerintahan Pemkab Lebak, Alkadri mengatakan, belajar dari pengalaman pilkades serentak di Lebak di 2021 yang berjalan aman, maka Pilkades serentak ditahun inipun harus lebih aman dan kondusif.

Baca Juga: Gritte Agatha Umumkan Positif Covid-19, Sempat Panik Gara-gara Alamai Gejala Ini

"Masyarakat Lebak saat ini sudah melek demokrasi, sehingga saat menghadapi pilkades, bisa berjalan damai dan tidak meninggalkan permusuhan antar pendukung para calon kades," kata Alkadri.***

Editor: Muhaemin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Atasi Ketahanan Pangan, Ini Strategi dari Bupati Lebak

Minggu, 11 September 2022 | 20:40 WIB
X