• Kamis, 30 Juni 2022

Pendiri NU KH Hasyim Asy'ari di Mata Gus Baha: Islamkan Banyak Orang, Jadi Konsultan Kemerdekaan Asia Afrika

- Rabu, 26 Januari 2022 | 07:40 WIB
Kitab An Nahrul Jari karya Sayyid Asad Shahab menerangkan riwayat Hasyim Asy'ari pendiri Organisasi NU bersahabat dunia internasional. (Istimewa)
Kitab An Nahrul Jari karya Sayyid Asad Shahab menerangkan riwayat Hasyim Asy'ari pendiri Organisasi NU bersahabat dunia internasional. (Istimewa)

BANTENRAYA.COM - Pendiri Nahdlatul Ulama Hadratussyaikh Hasyim Asy'ari secara riwayat ternyata punya pergaulan luas dengan para ulama hingga pimpinan dan pejabat dari luar negeri, baik itu timur Asia sampai Eropa.

 

Dalam riwayat singkat yang disampaikan KH Ahmad Bahauddin atau Gus Baha, saking luasnya pergaulan tersebut, Pesantren Tebuireng Kabupaten Jombang Jawa Timur tempat Hadratussyaikh Hasyim Asy'ari tinggal tidak pernah sepi dari lawatan tamu luar negeri.

 

Dikutip BantenRaya.Com pada Rabu 26 Januari 2022 dari kanal Youtube KaaKaa Yt Official, dijelaskan dalam kitab An Nahrul Jari karya Sayyid Asad Shahab yang disampaikan Gus Baha, Hadratussyaikh Hasyim Asy'ari merupakan orang dengan karakter pergaulan luas dari Asia sampai Eropa.

Baca Juga: NU Banten Nyatakan Dukung KH Said Aqil Siradj di Muktamar NU ke-34

Hal tersebut dibuktikan dengan riwayat dalam kita An Nahrul Jari, jika dirinya juga pernah berkawan dengan orientalis asal Jerman Karl Von Smith yang pada akhirnya masuk islam dan berdakwah di Jerman.

 

Pendiri NU ini sangat dikenal sebagai ulama yang pergaulannya luas, ada cerita beliau berteman orang eropa orientalis dan tertarik oleh islam, dan konsultasi dengan Mbah Hasyim,” katanya.

Halaman:

Editor: M Hilman Fikri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Segera Atur Jadwal, Bulan Juli Ada Hari Libur

Rabu, 29 Juni 2022 | 10:09 WIB
X