• Jumat, 27 Mei 2022

Penanganan Banjir di Kelurahan Sukmajaya Cilegon Harus Bongkar Pemukiman Warga Sampai Pembuatan Sodetan Aliran

- Selasa, 25 Januari 2022 | 13:49 WIB
Suasana Musrenbangkel menampung usulan maslah banjir,  Selasa 25 Januari 2022.  (URI MASHURI/BANTENRAYA.COM)
Suasana Musrenbangkel menampung usulan maslah banjir, Selasa 25 Januari 2022. (URI MASHURI/BANTENRAYA.COM)

BANTENRAYA.COM - Setiap kali hujan deras warga Kelurahan Sukmajaya pasti terkena imbas banjir. 

Hal itu disebabkan karena sejumlah aliran air sudah berdiri bangunan, gorong-gorong jalur protokol yang sempit sampai pada pendangkalan tandon di Lingkungan Sawah, Kelurahan Sukmajaya, Kecamatan Jombang. 

Untuk itu, dalam acara Musyawarah Rencana Pembangunan Kelurahan (Musrenbangkel) Sukmajaya, sejumlah warga mengusulkan adanya drainase atau sodetan baru aliran air, pembongkaran bendungan sampai normalisasi tandon dan aliran sungai. 

Baca Juga: Profil Maura Magnalia Madyaratri Putri Nurul Arifin yang Meninggal Dunia di Usia 28 Tahun

Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Lurahan (Seklur) Sukmajaya Andi Shofandi menjelaskan, jika tidak ada sodetan baru dari arah Lingkungan Rokal, Kelurahan Jombang menuju Lingkungan Sawah sampai dengan Pasar kranggot, Kelurahan Sukmajaya maka banjir tidak akan selesai. 

"Pilihannya tegas bongkar atau buat aliran baru. Kalau bongkar akan timbul konflik sosial dan ongkos bongkar yang mahal. Jadi buat sodetan lebih baik," katanya usai acara Musrenbangkel, Selasa 25 Januari 2022.

Andi menyampaikan, selain sodetan, gorong-gorong aliran air menuju Pasar Kranggot tepat di Jalur protokol juga harus diperluas. 

Baca Juga: 40 Link Twibbon Tahun Baru Imlek 2022, Cocok Dibagikan di Media Sosial Secara Gratis

"Kalau sudah ada aliran baru persoalan berikutnya adalah soal jembatan atau gorong-gorong di jalur protokol. Itu pusat harus melebarkan, jika tidak maka Lingkungan Kampung Sawah akan tetap banjir," ujarnya. 

Masalah lainnya, papar Andi adalah soal sejumlah bendungan kali yang harus dibongkar, sehingga aliran air yang membawa sampah tidak tersendat. 

Halaman:

Editor: Rahmat Kurniawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Alumni SMPN 3 Cilegon Gelar Reuni Akbar

Senin, 14 Maret 2022 | 14:00 WIB
X