• Jumat, 27 Mei 2022

DPR RI Instruksikan Pemerintah Pusat Bangun Shelter Tsunami di Sumur

- Jumat, 21 Januari 2022 | 14:36 WIB
 Ketua Tim Komisi VIII DPR RI TB Ace Hasan Syadzily memberikan keterangan usai menyalurkan bantuan untuk korban gempa di Pendopo Pandeglang, Jumat 21 Januari 2022. (Yanadi/Bantenraya)
Ketua Tim Komisi VIII DPR RI TB Ace Hasan Syadzily memberikan keterangan usai menyalurkan bantuan untuk korban gempa di Pendopo Pandeglang, Jumat 21 Januari 2022. (Yanadi/Bantenraya)

BANTENRAYA.COM - Ketua Tim Komisi VIII DPR RI TB Ace Hasan Syadzily menginstruktikan pemerintah pusat untuk membangun gedung shelter tsunami di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang.

Shelter dibangun karena di Kecamatan Sumur berpotensi terjadi gempa bumi megathrust 8,7 yang memicu bencana tsunami. Dimana sebelumnya, tsunami pernah menerjang wilayah Sumur pada tahun 2018 lalu.

Meksi megathrust ini baru kajian. Akan tetapi, mitigasi bencana harus segera disiapkan. Terutama menyiapkan tempat yang lebih aman untuk masyarakat ketika terjadi bencana alam.

Baca Juga: Kementerian PUPR Izinkan Rest Area Tol Dilengkapi Fasilitas Inap, Durasi Paling Lama Hanya 12 Jam

"Sumur dalam waktu dekat harus segera dibuatkan shelter tsunami, karena Sumur berpotensi menjadi pusat megathrust. Megathrust ini memang baru kajian ahli, tapi mitigasi bencana harus disiapkan," kata Ace, kepada Bantenraya.com usai menyerahkan bantuan korban gempa di Pendopo Pandeglang, Jumat 21 Januari 2022.

Bantuan yang disalurkan berupa uang tunai sebesar Rp249 juta, 500 paket sembako, dan bantuan lumbung sosial bekerjasama dengan Kementerian Sosial. Bantuan diterima Bupati Pandeglang Irna Narulita.

Ace menyebutkan, kajian megathrust harus diterima oleh masyarakat. Sebab, kajian tersebut sebagai peringatan dini bagi masyarakat Pandeglang untuk lebih tanggap bencana alam.

Baca Juga: Makan di Angkringan Bareng Gangga Habis Rp200 Ribuan, Awkarin Jadi Omongan Netizen

"Kita jangan menolak rawan bencana hasil kajian akademis. Sekarang bagaimana menyelamatkan diri kita masing-masing. Mitigasi dan tanggap bencana tus kita siapkan. Dan masyarakat penting sekali untuk sadar bencana," pesannya. ***

Editor: Muhaemin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkab Pandeglang Jamin Harga Gas Melon Normal

Kamis, 10 Maret 2022 | 14:37 WIB

MPP Pandeglang Raih Penghargaan dari Kemenpan RB

Selasa, 8 Maret 2022 | 18:17 WIB
X