• Jumat, 21 Januari 2022

Menteri KKP Berikan Pinjaman Modal untuk Pembudidaya Patin Pemula di Kampung Patin Cisilad Kabupaten Lebak

- Rabu, 8 Desember 2021 | 16:38 WIB
Menteri KKP Wahyu Trenggono di Sentra Kampung Patin Cisilad, Desa Banjarsari, Kecamatan Cileles Kabupaten Lebak. (Hudaya/Bantenraya)
Menteri KKP Wahyu Trenggono di Sentra Kampung Patin Cisilad, Desa Banjarsari, Kecamatan Cileles Kabupaten Lebak. (Hudaya/Bantenraya)

BANTEN RAYA. COM - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, Wahyu Trenggono, Rabu 8 Desember 2021, datang lagi ke Sentra Kampung Patin Cisilad, Desa Banjarsari, Kecamatan Cileles Kabupaten Lebak.

Dalam kunjungan keduanya ke Kampung Patin Cisilad kali ini, Trenggono melakukan tabur benih puluhan ribu bibit patin dan menyerahkan pinjaman modal terhadap tujuh pembudidaya ikan patin pemula dari berbagai daerah di Lebak.

Nilai pinjaman dana yang bunganya tiga persen pertahun tersebut variatif mulai Rp 40 juta hingga Rp 200 juta.

Selain itu di Kampung Patin Cisilad, Menteri Trenggono pun memberikan bantuan satu unit eksavator untuk membantu mempermudah pembuatan kolam ikan bagi masyarakat Lebak yang berminat terjung kedunia budidaya ikan air tawar.

 Baca Juga: Bank bjb Raih Predikat Indonesia Trusted Company di Ajang CPGI Award 2021

Berdasarkan pantauan Banten Raya di Sentra Kampung Patin Cisilad tersebut, Menteri Trenggono yang didampingi Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industrin (KADIN) Pusat, Mulyadi Jayabaya (JB), melihat langsung proses pembenihan ikan patin disebuah gedung yang telah dibangun JB di tengah-tengah area sentra Kampung Patin.

"Proses pembenihan hingga pembesarannya sudah cukup baik, maka sentra Kampung Patin di Cisilad ini akan dijadikan percontohan bagi pengembangan ikan patin didaerah-daerah di Indonesia," ujar Trenggono, usai menyerahkan pinjaman dana kepada para penerimanya di Kampung Patin.

Baca Juga: Link Live Streaming Persib Bandung Vs Persebaya Surabaya : Preview, Head to Head, Hingga Prediksi Pertandingan 

Terkait pinjaman modal, diharapkan agar dananya dipergunakan sebaik-baiknya untuk meningkatkan usaha budidaya ikan patin. Apabila para penerima pinjaman modal ingin memperbanyak atau memperluas kolam untuk budidayanya, maka pihaknya telah menyediakan bantuan satu unit eksavtor. 

"Jadi jangan kuatir, bila butuh untuk membuat atau memperluas kolam untuk budidaya ikan patin atau ikan air tawar lainya, maka eksapator yang dibutuhkan sudah kami sediakan," kata Trenggono.

Halaman:

Editor: Muhaemin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkab Lebak Kembali Berlakukan WFO 50 Persen

Rabu, 19 Januari 2022 | 07:52 WIB

Ketua Gapensi Lebak Bantu Dana Untuk FPTI Lebak

Selasa, 18 Januari 2022 | 21:42 WIB

Baru Saja! Bayah Diguncang Gempa Magnitudo 5.4,

Senin, 17 Januari 2022 | 08:57 WIB

325 KM Jalan Kabupaten di Lebak Dalam Kondisi Rusak

Rabu, 12 Januari 2022 | 07:34 WIB

Pasar Mitra Tani di Lebak Diserbu Pengunjung

Jumat, 7 Januari 2022 | 11:00 WIB
X