• Sabtu, 20 Agustus 2022

MWKT Desa Banyumas Sukses Digelar dan Yusuf Adiguna Terpilih Aklamasi, Kades Banyumas: Pemuda Aset Bangsa

- Minggu, 5 Desember 2021 | 07:51 WIB
Kepala Desa Banyumas, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pandeglang, Iin Endah Kumala membuka MWKT Desa Banyumas, 4 Desember 2021 (Muhaemin/Bantenraya)
Kepala Desa Banyumas, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pandeglang, Iin Endah Kumala membuka MWKT Desa Banyumas, 4 Desember 2021 (Muhaemin/Bantenraya)

BANTENRAYA.COM - Pemerintahan Desa Banyumas Kecamatan Bojong memfasilitasi MWKT Desa Banyumas atau Musyawarah Warga Karang Taruna di Kantor Desa Banyumas, kecamatan Bojong, Kabupaten Pandeglang, Sabtu 4 Desember 2021.

MWKT Desa Banyumas digelar karena masa kepengurusan Karang Taruna yang ada sudah habis masa kepengurusannya.

MWKT Desa Banyumas dihadiri Kepala Desa Banyumas Iin Endah Kumala, Ketua BPD M Suhaeli beserta anggota, Ketua Karang Taruna Kecamatan Bojong M Basyir dan para perwakilan pemuda dari masing-masing RT yang tersebar di tiga dusun.

Baca Juga: Situasi Terkini Lumajang Pasca Semeru Meletus 5 Desember 2021 Pagi, Banyak Warga Terjebak dan Belum Dievakuasi

Kepala Desa Banyumas Iin Endah Kumala mengharapkan dengan adanya pelaksanaan MWKT  Desa Banyumas, anak-anak muda  sebagai aset bangsa di Desa Banyumas berkontribusi secara nyata untuk desa.

“Mari bersama-sama dengan pemerintahan Desa Banyumas untuk memajukan desa dari berbagai hal,” kata perempuan yang yang baru beberapa hari melaksanakan tugasnya sebagai Kades Banyumas terpilih ini.

Iin Endah juga menyampaikan, berdasarkan ketentuan Permensos RI Nomor 25 tahun 2019 dan Anggaran Dasar serta Anggaran Rumah tangga Karang Taruna memiliki tugas:

Baca Juga: Cerita Novia Widyasari Rahayu, yang Mengaku Dibawa ke RSJ Hingga Didiagnosa Depresi Mayor

  1. mengembangkan potensi generasi muda dan masyarakat; dan
  2. berperan aktif dalam pencegahan dan penanggulangan permasalahan sosial melalui rehabilitasi sosial, jaminan sosial, pemberdayaan sosial, dan perlindungan sosial serta program prioritas nasional.dalam melaksanakan tugas karang taruna bekerja sama dengan Pemerintah desa dan Pengurus Karang Taruna dipilih secara musyawarah dan mufakat dalam forum pengambilan keputusan masing- masing tingkatan dan harus memenuhi syarat sebagai berikut:
  3. warga negara Indonesia;
  4. berusia paling rendah 17 (tujuh belas) tahun;
  5. berdomisili di wilayahnya masing-masing;
  6. aktif dalam kegiatan Karang Taruna; dan memiliki kemauan dan kemampuan berorganisasi serta aktif dalam kegiatan pengabdian masyarakat.

Baca Juga: Catatan UU Ciptaker Selepas Putusan MK

Kepengurusan Karang Taruna Desa atau Kelurahan dipilih, ditetapkan, dan disahkan dalam musyawarah warga Karang Taruna di Desa atau Kelurahan dan dikukuhkan oleh Kepala Desa atau Lurah setempat.

Halaman:

Editor: Muhaemin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkab Pandeglang Jamin Harga Gas Melon Normal

Kamis, 10 Maret 2022 | 14:37 WIB

MPP Pandeglang Raih Penghargaan dari Kemenpan RB

Selasa, 8 Maret 2022 | 18:17 WIB
X