• Jumat, 21 Januari 2022

Duh! Ada 47 Warga Pandeglang Positif HIV dan AIDS

- Rabu, 1 Desember 2021 | 19:07 WIB
Suasana peringatan hari AIDS se dunia di Pendopo Pemkab Pandeglang dan dalam seminar ini terungkap ada 47 warga Pandeglang positif HIV AIDS (Yanadi/Bantenraya)
Suasana peringatan hari AIDS se dunia di Pendopo Pemkab Pandeglang dan dalam seminar ini terungkap ada 47 warga Pandeglang positif HIV AIDS (Yanadi/Bantenraya)

BANTENRAYA.COM  – Sejak Januari-November 2021, ada 47 warga Pandeglang positif HIV dan AIDS.

Kasus warga positif HIV dan AIDS biasanya disebabkan oleh prilaku seksual yang tidak sehat.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Bidang P3M Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandeglang, dr Kartirini mengatakan, data penderita positif HIV AIDS tahun ini mengalami penurunan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Baca Juga: 12 Rumah Warga Desa Parigi Pandeglang Rusak Berat Akibat Tanah Bergerak

"Penderita positif HIV tahun ini ada penurunan dari tahun sebelumnya yang mencapai 62 orang," jelasnya dalam seminar peringatan hari AIDS sedunia di Gedung Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Pandeglang, Rabu 1Desember 2021.

Diterangkannya, untuk mencegah kasus HIV dan AIDS pemerintah daerah telah melaksanakan gebyar pemeriksaan Triple Eliminasi (HIV, Sipilis, Hepatitis) pada ibu hamil secara serentak di 36 puskesmas.

"Kegiatan pemerikasaan kesehatan sasarannya untuk ibu hamil sebanyak 3.600 orang," terangnya.

Baca Juga: Sejarah Hari AIDS Sedunia yang Diperingati Setiap 1 Desember, Digagas Sejak Akhir 80an

Seminar ini kata dr Katirini dalam rangka meningkatkan pengetahuan kesadaran dan kemandirian masyarakat dalam mencegah infeksi dan penularan HIV AIDS dan Infeksi Menular Seksual (IMS).

"Kegiatan itu untuk meningkatkan pengetahuan, kesadaran, dan kemandirian masyarakat dalam pencegahan dan pengendalian HIV AIDS dan IMS melalui penggerakan sumber daya yang melibatkan semua sektor," katanya.

Halaman:

Editor: Muhaemin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wapres Tinjau Korban Gempa di Desa Munjul Pandeglang

Kamis, 20 Januari 2022 | 12:56 WIB

PAD Pariwisata Tahun 2022 Ditarget Rp700 Juta

Senin, 17 Januari 2022 | 07:30 WIB
X