• Kamis, 27 Januari 2022

Kemenhub Terbitkan Maklumat Pelayaran, Ada Apa?

- Rabu, 1 Desember 2021 | 13:51 WIB
Salah satu kapal roro hendak bersandar di Pelabuhan Merak, dalam kondisi cuaca buruk, beberapa waktu lalu (dok/banten raya)
Salah satu kapal roro hendak bersandar di Pelabuhan Merak, dalam kondisi cuaca buruk, beberapa waktu lalu (dok/banten raya)

BANTENRAYA.COM - Kementerian Perhubungan atau Kemenhub RI melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menerbitkan Maklumat Pelayaran Nomor 144/Phbl/2021 tanggal 29 November 2021. 

Maklumat pelayaran tersebut dikeluarkan menyusul adanya prediksi cuaca ekstrem jelang akhir tahun dengan gelombang tinggi di beberapa wilayah dalam tujuh hari ke depan. 

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai atau KPLP, Ahmad menyampaikan maklumat pelayaran ini dikeluarkan dengan tujuan untuk mencegah terjadinya kecelakaan kapal akibat cuaca buruk dan gelombang tinggi tersebut.

Baca Juga: Presiden Jokowi Coba Mesin Penanam Padi, Petani Malah Curhat Pupuk Langka dan Mahal

"Berdasarkan pemantauan BMKG 28 November 2021, diperkirakan pada 28 November sampai dengan 4 Desember 2021, cuaca ekstrem dengan gelombang tinggi di beberapa wilayah," kata Ahmad, Rabu 1 Desember 2021 dalam press rilis yang diterima Bantenraya.com dari Kemenhub RI.

Ahmad menegaskan, sehubungan dengan hal tersebut, seluruh Syahbandar diinstruksikan, untuk setiap hari, melakukan pemantauan ulang kondisi cuaca melalui bmkg.go.id, serta menyebarluaskannya.

Syahbandar juga diminta untuk menunda Surat Persetujuan Berlayar atau SPB sampai kondisi cuaca benar-benar aman untuk berlayar.

Baca Juga: Sidak RSUD Cilegon, Komisi II DPRD Temukan Alat CT Scan Rusak

“Kegiatan bongkar muat barang diawasi untuk memastikan kegiatan dilaksanakan dengan tertib dan lancar, muatan dilashing, kapal tidak overdraft serta stabilitas kapal tetap baik," kata Ahmad

Halaman:

Editor: Ahmad Marjuki

Tags

Terkini

X