• Sabtu, 22 Januari 2022

Rizki Natakusumah Canangkan Desa Wisata Berbasis UMKM di Pandeglang

- Minggu, 28 November 2021 | 18:59 WIB
Anggota DPR RI Rizki Natakusumah (tengah) memberikan materi pada acara diskusi secara virtul dengan mengusung tema pengelolaan desa wisata sebagai pendorong UMKM di tingkat desa, Minggu 28 November 2021 (Yanadi/Bantenraya)
Anggota DPR RI Rizki Natakusumah (tengah) memberikan materi pada acara diskusi secara virtul dengan mengusung tema pengelolaan desa wisata sebagai pendorong UMKM di tingkat desa, Minggu 28 November 2021 (Yanadi/Bantenraya)

BANTENRAYA.COM - Anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat, Rizki Natakusumah (RN) mencanangkan desa wisata berbasis UMKM di Kabupaten Pandeglang.

Ini dilakukan RN lantaran potensi wisata di Kota Santri ini sangat besar dan bisa menumbuhkan perekonomian masyarakat. Agar sukes, Rizki mengharapkan para kepala desa juga ikut membantu menggali potensi wisata yang ada di masing-masing desa.

Baca Juga: LKP Sanggar Budaya An-Nahdlah Gelar Pelatihan Pengolahan Hasil Perikanan jadi Baso Ikan Kuah Tomyam

"Kalau potensi desa terkelola dengan baik maka akan menumbuhkan ekonomi warga. Kalau potensinya sudah muncul segera lakukan kerjasama dengan pemerintah desa karena pemerintah desa memiliki otoritas tersendiri untuk meningkatkan perekonomian warga," kata Rizki, saat diskusi secara virtual dengan mengusung tema pengelolaan desa wisata sebagai pendorong UMKM di tingkat desa dalam kerangka pemulihan ekonomi masyarakat dengan fokus infrastruktur, Minggu 28 November 2021.

Putra Bupati Pandeglang ini mengajak pemerintahan desa untuk membangkitkan kembali potensi budaya lokal di setiap desa. "Jangan lupa untuk terus melestarikan tradisi dan budaya di desa masing-masing," pesannya.

Baca Juga: Mending di Rumah! Natal 2021 dan Tahun Baru Diwarnai La Nina Hujan Lebat dan Angin Kencang  

Plt Kepala Dinas Pariwisata Pandeglang Ramadhani menyebutkan, potensi wisata desa di Pandeglang sangat melimpah. Katanya diperlukan tata kelola yang baik agar potensi itu bisa membawa daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

"Begitu banyak objek wisata di Pandeglang termasuk di pedesaan. Semuanya harus bahu membahu mengolah potensi itu," ujarnya.

Asiten Daerah Bidang Pemerintahan Setda ini mengharapkan potensi wisata bisa dikelola dengan baik oleh setiap desa bekerjasama dengan pemerintah daerah. Setelah desa wisata berjalan, kata dia, bisa dipadukan dengan produk-produk Usah Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang dihasilkan oleh masyarakat. Seperti halnya yang saat ini sudah mendunia seperti batik Cikadu dan patung badak.

Baca Juga: Link Live Streaming dan Lineup Chelsea vs Manchester United, Liga Inggris, Minggu 28 November 2021

Halaman:

Editor: Muhaemin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wapres Tinjau Korban Gempa di Desa Munjul Pandeglang

Kamis, 20 Januari 2022 | 12:56 WIB

PAD Pariwisata Tahun 2022 Ditarget Rp700 Juta

Senin, 17 Januari 2022 | 07:30 WIB
X