• Selasa, 30 November 2021

Perkuat Pengamanan Data Digital, Pemkot Tangsel Resmikan CSIRT

- Selasa, 23 November 2021 | 16:00 WIB
Pemkot Tangsel  me-launching Tangsel Kota CSIRT atau Computer Security Insident, Response Team di Puspemkot Tangerang selatan. (Dokumentasi Diskominfo Tangsel)
Pemkot Tangsel me-launching Tangsel Kota CSIRT atau Computer Security Insident, Response Team di Puspemkot Tangerang selatan. (Dokumentasi Diskominfo Tangsel)

BANTENRAYA.COM – Menyadari bahwa berkembangnya teknologi diiringi oleh kejahatan digital, Pemkot Tangsel  me-launching Tangsel Kota CSIRT atau Computer Security Insident, Response Team di Puspemkot Tangerang Selatan, Senin 22 November 2021. 

Walikota Tangsel Benyamin Davnie menyampaikan, melalui CSIRT bahwa tim ini akan bertanggung jawab untuk melakukan pengaman data digital.

Yang mana diketahui bahwa saat ini banyak sekali data digital yang disimpan oleh pemerintah. Melalui CSIRT akan semakin dikuatkan pengamanannya. 

Baca Juga: Kali Cilemer Meluap, Desa Idaman Pandeglang Tergenang

”Tangsel memiliki bank data yang sangat besar dan semuanya penting, karena itu kami membutuhkan tim yang fokus terhadap pengamanan data digital, nah melalui CSIRT ini, diketuai oleh Kadis Kominfo Fuad,” ujar Benyamin.

Dia menambahkan, pengamanan saat ini memang tidak bisa dilakukan di lingkungan masyarakat saja, melainkan di dunia digital.

Apalagi berkas yang biasanya disimpan dalam bentuk digital keberadaannya lebih penting dari dokumen manapun.

Baca Juga: Nasabah Bank Banten Sudab Bisa Nikmati Layanan Digital Mulai Januari 2022

Kepala Dinas Kominfo Fuad menyepakati hal tersebut, dimana diketahui bahwa dalam satu bulan situs resmi Pemkot Tangsel mengalami penyerangan sebanyak ratusan kali.

”Bahkan pernah dalam satu bulan, percobaan peretasan hingga jutaan kali,” ujar Fuad.

Halaman:

Editor: Jermainne Tirta Dewa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X