• Sabtu, 21 Mei 2022

Dinsos Pandeglang Gencar Kampanyekan KPM Pegang KKS Sendiri

- Senin, 15 November 2021 | 07:30 WIB
Kampanye Gerakan Pegang KKS sendiri yang dilakukan Dinsos Pandeglang (dok bantenraya)
Kampanye Gerakan Pegang KKS sendiri yang dilakukan Dinsos Pandeglang (dok bantenraya)

BANTENRAYA.COM - Program Penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) Non Tunai di Kabupaten Pandeglang perlahan tapi pasti bisa memutus mata rantai kemiskinan.

Guna meningkatan efektivitas Bansos agar sesuai dengan prinsip tepat sasaran, tepat jumlah, tepat waktu, tepat kualitas, dan tepat adminitrasi, Dinas Sosial Pandeglang terus mengkampayekan Gerakan KPM Pegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) Sendiri.

Kepala Dinsos Pandeglang Hj Nuriah mengatakan, Kelompok Penerima Manfaat (KPM) Bansos selama ini mendapatkan kartu KKS sebagai bukti sah penerima bansos.

Baca Juga: 34 Pejabat Eselon III Lebak Perebutkan 6 Kursi Jabatan Tinggi Pratama

Kartu ini kata Nuriah wajib dipegang oleh KPM karena berisi dana yang ditransfer Kementrian Sosial untuk membeli bahan pangan yang telah ditentukan. Kampanye pegang KKS sendiri ini sudah dilakukan Dinsos sejak Agustus 2021 lalu.

“Pastikan KKS hanya  dipegang, disimpan, dan dimanfatkan oleh KPM sendiri. Kartu KKS tidak boleh dikumpulkan oleh siapapun,” demikian kata Nuriah, Senin 15 November 2021.

Dikatakan Nuriah, selama ini memang masih terdengar ada keluhan atau laporan KKS yang dipegang oleh orang lain. Walaupun tujuannya positif misalnya untuk membantu KPM saat pencairan, memegang KPM orang lain adalah tindakan yang tidak dibenarkan.

“Melalui gerakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang harus dipegang langsung oleh Kelompok Penerima Manfaat (KPM) warga penerima bisa mengambil langsung sendiri Bansos dari pemerintah ke agen yang ada tanpa melalui perantara baik orang lain,  perangkat desa, atau kelompok yang menangani Bansos khususnya BPNT dan PKH. ”Apabila ada oknum yang mengambil  meminta KKS, warga bisa melaporkan ke pihak yang berwenang dan Dinsos,” jelasnya.

Baca Juga: Perkembangan Olahraga Pandeglang Menggembirakan, KONI Pandeglang Monitoring Kegiatan Pengcab

Masih kata Nuriah, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi dan edukasi Pegang KKS sendiri. “Tidak mudah melakukan gerakan ini tapi kami optimis bisa tercapai agar bansos tepat sasaran.”

Halaman:

Editor: Muhaemin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkab Pandeglang Jamin Harga Gas Melon Normal

Kamis, 10 Maret 2022 | 14:37 WIB

MPP Pandeglang Raih Penghargaan dari Kemenpan RB

Selasa, 8 Maret 2022 | 18:17 WIB
X