• Sabtu, 21 Mei 2022

Gempa Bumi Getarkan Muara Binuangeun, Belum ada Laporan Kerusakan

- Rabu, 10 November 2021 | 17:25 WIB
Permukiman Desa Malingping, Kecamatan Malingping kondusif setelah diguncang gempa, 10 November 2021 (Hudaya/Banten Raya)
Permukiman Desa Malingping, Kecamatan Malingping kondusif setelah diguncang gempa, 10 November 2021 (Hudaya/Banten Raya)

BANTENRAYA.COM- Gempa bumi berkekuatan 5.0 skala rihter mengguncang Muara Binuangeun, Kecamatan Wanasalam, Lebak, 10 November 20201. 

Gempa  tidak menimbulkan kerusakan rumah warga maupun infrastruktur namun gempa yang terjadi selama beberapa detik terasa hingga ke Kecamatan Malingping, serta Banjarsari. 

Mumu Mahmudi relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak wilayah Malingping dan Wanasalam, kepada Banten Raya mengatakan, hasil pemantauannya dibeberapa saat gempa bumi pada pukul 10.50 tersebut, tidak ditemukan satupun rumah maupun infrastruktur lainya di Wanasalam maupun di Malingping yang mengalami kerusakan.

Baca Juga: Tanggul Irigasi Cilangkahan Ambrol, Puluhan Rumah dan Ponpes Terendam

"Laporan BPBD wilayah Banjarsari tidak ada rumah maupun infrastruktur lainya yang mengalami kerusakan," ujar Mumu. 

Ditambahkannya, meski gempa tersebut tidak berpotensi tsunami, pihaknya tetap mengingatkan masyarakat Wanasalam maupun masyarakat Malingping untuk meningkatkan kewaspadaan. 

"Kini suasana di Wanasalam dan Malingping kembali normal, serta masyarakatpun kembali beraktivitas seperti biasa," kata Mumu.

Baca Juga: Tommy Soeharto Resmikan Depo Logistik Terpadu Dawuan

Ditemui terpisah, Kepala BPBD yang sekaligus Sekretaris Daerah (Sekda) Lebak Budi Santoso membenarkan, bila gempa bumi yang terjadi beberapa detik di Muara Binuangeun tidak mengakibatkan dampak kerusakan terhadap apapun. 

"Memang ada warga yang panic dan itu hal yang manusiawi karena mungkin terkejut meskipun getarannya hanya beberapa detik," kata Budi. ***

Halaman:

Editor: Muhaemin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X