• Jumat, 1 Juli 2022

Agar Masyarakat Cilegon Paham Nilai-nilai Tradisional Daerah, Disparbud Gelar PKD, Apa itu?

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 13:35 WIB
Seniman memainkan alat musik pantun bambu. (Danang / Bantenraya.com)
Seniman memainkan alat musik pantun bambu. (Danang / Bantenraya.com)


BANTEN RAYA.COM - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Cilegon telah melaksanakan Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) Kota Cilegon tahun 2021.

Apa itu PKD? PKD merupakan program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI yang bertujuan mendorong pemerintah daerah untuk mengembangkan dan melestarikan budaya daerah sesuai kearifan lokalnya masing-masing.

Di Cilegon, PKD diselenggarakan dengan harapan agar ada peningkatan pemahaman masyarakat tentang nilai-nilai tradisional daerah, pelestarian, pengembangan dan pemanfaatan nilai-nilai tradisional secara universal.

Baca Juga: Cerita UMKM Kuliner Rendang Mak Tuo yang Tetap Cuan Meski di Tengah Pandemi

Kepala Disparbud Cilegon Mahmudin mengatakan, salah satu upaya dalam rangka PKD adalah untuk mengembangkan seni dan budaya daerah dalam menggali potensi seni dan budaya tersebut.

"Harapannya nanti supaya lebih meningkatkan corak ragam seni budaya yang belum tergali untuk digarap, sehingga menghasilkan kreasi seni budaya yang berkembang dan tetap terlestarikan," katanya kepada Banten Raya.

(Danang / Bantenraya.com)

Mahmudin mengungkapkan, dalam PKD tahun ini, pihaknya menggali beberapa kebudayaan serta kearifan lokal Kota Cilegon yang memiliki nilai-nilai dan ragam budaya yang khas dan berbeda dengan wilayah lain di Provinsi Banten. Mulai dari makanan olahan, pakaian, alat musik yang terbuat dari pring atau bambu.

Baca Juga: Banten Punya Program PUSPA untuk Perlindungan Perempuan dan Anak, Libatkan Lintas Lembaga

"Bambu adalah simbol dari ke-Bhinekaan masyarakat Cilegon. Zaman dulu, bambu dengan hasil daya kreasi hadir sebagai permainan anak-anak, alat dalam berbagai pesta dan upacara, bahkan digunakan sebagai alat mitigasi bencana," ujarnya.

Halaman:

Editor: Rahmat Kurniawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Alumni SMPN 3 Cilegon Gelar Reuni Akbar

Senin, 14 Maret 2022 | 14:00 WIB
X