• Selasa, 30 November 2021

Situ Palayangan Lebak Kembali Alami Pendangkalan, Areal Sawah Tak Bisa Terairi

- Rabu, 20 Oktober 2021 | 09:50 WIB
Pendangkalan di Situ Palayangan Cimarga, Kabupaten Lebak mengalami pendangkalan dan ditumbuhi ilalang dan rerumputan. (Hudaya Meidana/Bantenraya.com)
Pendangkalan di Situ Palayangan Cimarga, Kabupaten Lebak mengalami pendangkalan dan ditumbuhi ilalang dan rerumputan. (Hudaya Meidana/Bantenraya.com)


BANTENRAYA.COM- Belum genap satu tahun dilakukan penanganannya, kini Situ Palayangan di Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak, Banten kembali mengalami pendangkalan.

Padahal, Situ Palayangan menjadi andalan warga untuk pengairan areal pesawahan.

Warga Kecamatan Cimarga Rohman membenarkan bila pendangkalan di Situ Palayangan pernah dilakukan pengerukan pada akhir tahun 2020.

Baca Juga: Tiket WSBK Mandalika Sudah Dijual, Tersedia Tiket 'Sultan' Seharga Rp19 ,5 Juta

Akan tetapi, karena lokasi Situ Palayangan dekat dengan beberapa pertambangan pasir maka limbah bekas pencucian pasir mengalir ke situ tersebut.

Akibatnya, pendangkalan di situ tersebut kembali terjadi.

"Akibat mengalami pendangkalan lagi, maka kebutuhan air untuk penggarapan sawah di Cimarga dan Kalanganyar, tidak terpenuhi," ujar Rohman kepada Bantenraya.com, Rabu 20 Oktober 2021.

Baca Juga: Jadwal Liga Champions Malam Ini: Barcelona Jamu Dynamo Kyiv, Manchester United Ladeni Atalanta

Ditambahkannya, agar pengairan areal persawahan didua kecamatan tersebut kembali terpenuhi, Rohman berharap, pihak terkait bisa kembali melakukan pengerukan.

"Karena pendangkalannya sudah terjadi sejak beberapa bulan lalu, maka lokasi pendangkalanyapun kembali ditumbuhi ilalang dan rerumputan," kata Rohman. ***

Halaman:

Editor: Jermainne Tirta Dewa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kabupaten Lebak Sudah Nihil Kasus Covid-19

Jumat, 26 November 2021 | 10:18 WIB
X