• Senin, 29 November 2021

Tanjung Lesung Rawan Tsunami, Alat Pendeteksi Gempa Dipasang

- Senin, 18 Oktober 2021 | 14:15 WIB
Alat pendeteksi gempa dan tsunami dipasang di kawasan Tanjung Lesung Beach Hotel di Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Senin 18 Oktober 2021.  (Yanadi/Bantenraya.com)
Alat pendeteksi gempa dan tsunami dipasang di kawasan Tanjung Lesung Beach Hotel di Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Senin 18 Oktober 2021. (Yanadi/Bantenraya.com)

 

BANTENRAYA.COM - Alat pendeteksi peringatan gelombang tsunami dan gempa dipasang di kawasan Tanjung Lesung Beach Hotel di Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Alat yang dinamakan Indonesia Tsunami Early Warning Sistem (Ina TEWS) ini berfungsi untuk mengetahui jika akan terjadi gempa dibarengi dengan tsunami.

Dipasangnya Ina TEWS lantaran kawasan pesisir pantai Tanjung Lesung menjadi salah satu wilayah yang sempat terdampak bencana tsunami Selat Sunda pada akhir tahun 2018 lalu.

Baca Juga: Waspada Penipuan Mengatasnamakan bank bjb

General Manager Tanjung Lesung Beach Hotel Widiasmanto menyebut, alat Ina TEWS yang terpasang di hotelnya bantuan dari pemerintah.

Dengan harapan dapat memberikan informasi bagi wisatawan dan warga pada saat terjadi bencana alam.

"Itu dari BMKG (Badan Meteorologi dan Klimatologi Geofisika) Pusat. Adanya alat itu kita sangat berterima kasih atas support dari BMKG karena alat itu sebagai mitigasi bencana," kata Widi.

Baca Juga: Meski Pakai Skincare Mahal Belum Tentu Wajah Bakal Glowing, Simak Penjelasan dr. Zaidul Akbar

Menurutnya, alat tersebut sangat berguna untuk peringatan dini bagi wisatawan dan masyarakat dalam menghadapi bencana alam seperti tsunami dan gempa.

Halaman:

Editor: Jermainne Tirta Dewa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X