• Selasa, 30 November 2021

Bangun Ekonomi Pedesaan, Dinkop Banten Bina Koperasi Konsumen

- Minggu, 17 Oktober 2021 | 14:26 WIB
Dinkop UMKM Banten memberikan pembinaan bagaimana mengelola lembaga keuangan mikro berbasis koperasi agar mampu menggerakkan ekonomi pedesaan, Jumat 16 Oktober 2021. (Dinkop UMKM Banten Untuk Banten Raya)
Dinkop UMKM Banten memberikan pembinaan bagaimana mengelola lembaga keuangan mikro berbasis koperasi agar mampu menggerakkan ekonomi pedesaan, Jumat 16 Oktober 2021. (Dinkop UMKM Banten Untuk Banten Raya)

BANTENRAYA.COM - Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Banten terus berupaya membangun perekonomian desa melalui pembinaan Koperasi Konsumen yang ada di lingkungan pedesaan di Banten. 

Dinkop UMKM Banten memberikan pembinaan bagaimana mengelola lembaga keuangan mikro berbasis koperasi agar mampu menggerakkan ekonomi pedesaan. 

Baru-baru ini, Dinkop dan UKM Provinsi Banten memberikan pembinaan kepada Koperasi Konsumen Pamatang Kembang Mandiri (Kopmen PMK) di Kampung Cinyurup, Desa Juhut, Kecamatan Karang Tanjung, Kabupaten Pandeglang. 

Baca Juga: Yuk Donor Darah, Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan

Kepala Bidang Kelembagaan dan Pengawasan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Banten Arief Rachman mengatakan, pembinaan itu bertujuan agar masyarakat mampu menggerakan ekonomi pedesaan khususnya warga Desa Juhut yang mayoritas bermata pencaharian sebagai petani penggarap kebun. 

"Kopmen PMK akan menjadi motor penggerak ekonomi masyarakat," kata Arief Rachman usai melantik pengurus dan Pengawas Kopmen PMK mewakili Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Banten di Aula SD Negeri Juhut, Jumat 16 Oktober 2021. 

Dalam kesempatan tersebut Arief juga menggandeng pimpinan BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Banten untuk mengajak masyarakat Desa Juhut bisa menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan agar mendapatkan jaminan sakit akibat kecelakaan kerja, jaminan kematian, beasiswa bagi ahli waris dan lainnya. 

Baca Juga: Bola Api di Malam Sebelum Pencoblosan Pilkades Terekam Video Warga, Adu Kekuatan Calon Kades?

Menurutnya, untuk pengelolaan BPJS bisa dikoordinir oleh koperasi dengan biaya hanya Rp16 ribu per orang per bulan. 

Pada acara pelantikan tersebut juga hadir perwakilan Kantor Pos Pandeglang yang siap bermitra dengan koperasi dalam melayani pembayaran BPJS, pembelian token listrik, pulsa HP, pengiriman uang, pengiriman Ubi Sente dari Juhut ke Pabrikan di Jakarta, Bogor Tangerang, Bekasi, dan Depok. 

Halaman:

Editor: Rahmat Kurniawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pleno Penetapan UMK 2022 di Banten Ditunda, Ada Apa?

Rabu, 24 November 2021 | 17:00 WIB

Besok, Gubernur Umumkan Besaran UMP Banten 2022

Kamis, 18 November 2021 | 10:26 WIB
X