• Senin, 29 November 2021

LK 1 HMI Komisariat Teknologi Unma Banten, Peserta Diajari Manajemen Aksi

- Minggu, 17 Oktober 2021 | 08:31 WIB
LK 1 HMI komisariat Teknologi Unma Banten berpose usai acara (Foto HMI untuk Bantenraya)
LK 1 HMI komisariat Teknologi Unma Banten berpose usai acara (Foto HMI untuk Bantenraya)

BANTEN RAYA.COM - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) komisariat Teknologi Unma Banten sukses menggelar Latihan Kader (LK) satu di kampus setempat.

Dalam LK ini, Entis Sumantri sebagai salah  satu pemateri memaparkan teori dan praktik  managemen aksi atau  demontrasi.

Kata Entis, aksi adalah suatu model pernyataan sikap, penyuaraan pendapat, opini, atau tuntutan yang dilakukan dengan jumlah massa tertentu dan dengan teknik tertentu agar mendapat perhatian dari pihak yang dituju tanpa menggunakan mekanisme konvensional (birokrasi).

Baca Juga: Klasemen Sementara Liga 1 Minggu 17 Oktober 2021, PSIS Bayangi Bhayangkara FC yang Ditekuk Persib

“Sesuai dengan AD HMI pasal 9 tentang peran HMI sebagai organisasi perjuangan salah satu upaya yang di lakukan adalah management aksi. Tujuannya untuk menekan pembuat keputusan untuk melakukan sesuatu umumnya dilatarbelakangi oleh matinya jalur penyampaian aspirasi atau buntunya metode dialog,” beber Entis.

“Dalam trias politika, aspirasi rakyat diwakili oleh anggota legislatif. Namun dalam kondisi pemerintahan yang korup, para legislator tak dapat memainkan perannya, sehingga rakyat langsung mengambil jalan pintas dalam bentuk aksi,” sambungnya.

Aksi kata Entis lazim dilakukan. Ia mencontohkan aksi terbesar mahasiswa adalah menuntut mundur Soeharto serta kasus lainya yang tidak sesuai dengan UU dan kebijakan serta aturan yang tidak pro terhadap Rakyat Indonesia. “Kader HMI harus mengasai manajemen ini,” harapnya.

Baca Juga: Hancurkan Denmark, Indonesia Masuk Final Piala Thomas

Pengurus Cabang HMI Pandeglang, Tayo mengatakan, management aksi adalah salah satu materi yang yang ada di dalam Pengkaderan LK satu  HMI.

Tayo ingin para kader dapat memahami teori dalam mengatur jalannya aksi.

Halaman:

Editor: Muhaemin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X