• Selasa, 7 Desember 2021

Polres Berhasil Ungkap Penyebab Kebakaran 23 Rumah Warga Baduy, Harus Diwaspadai

- Jumat, 15 Oktober 2021 | 17:06 WIB
 Polsek Leuwidamar saat melakukan penyelidikan terhadap penyebab kebakaran di Baduy Dalam, Kamis 14 Oktober  2021. (Poto Polsek Leuwidamar untuk Banten Raya)
Polsek Leuwidamar saat melakukan penyelidikan terhadap penyebab kebakaran di Baduy Dalam, Kamis 14 Oktober 2021. (Poto Polsek Leuwidamar untuk Banten Raya)

BANTENRAYA. COM – Penyebab kebakaran 23 rumah warga Baduy Dalam di Kampung Huni, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar berhasil diungkap.

Ini berkat hasil penyelidikan yang dilakukan pihak Polres Lebak bersama Polsek Leuwidamar beberapa saat setelah kebakaran.

Kapolres Lebak, AKBP Teddy Rayandra yang dihubungi melalui telepon genggamnya, mengatakan, pada saat kejadian, tepanya pada Rabu 13 Oktober 2021 sekira pukul 14.00, kondisi rumah seorang warga Baduy bernama Ado dalam keadaan kosong.

Kata Kapolres,  Ado dan keluarganya meninggalkan rumah tanpa sadar bila saat itu tungku diatas balai-balai rumahnya masih keadaan menyala.

Baca Juga: Sejarah Sunda Wiwitan yang Dianut Warga Baduy di Lebak, Bagian 1

"Pada saat api tungku menyala, Ado dan keluarganya meninggalkan rumah. Beberapa saat kemudian api ditungku tersebut membakar balai-balai serta mermbat keseluruh bagian rumah,"ujar AKBP Teddy, kemarin.

Mengingat rumah Ado dengan rumah warga lainya hanya berjarak sekitar satu meter, maka api di rumah Ado dengan mudah membakar rumah lainya.

Bahkan, karena saat itu terjadi hembusan angin yang cukup kencang, maka dalam waktu singkat sebanyak 23 rumah, serta satu lumbung padi, musnah terbakar.

"Semua rumah warga Baduy dibangun menggunakan material atau bahan dasar bambu yang mudah terbakar. Makanya pada saat kejadian tersebut, api dari rumah Ado, sangat dengan mudah merambat ke puluhan rumah lainya," kata AKBP Teddy.

Baca Juga: Semenjak Dinikahi Atta Halilintar Aurel Hermansyah Sering Uring-uringan, Tidak Bahagia?

Halaman:

Editor: Muhaemin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X