• Selasa, 7 Desember 2021

Cerita Tungku Warga Baduy yang Melalap 23 Rumah dan Satu Lumbung Padi  

- Jumat, 15 Oktober 2021 | 17:15 WIB
Kondisi puluhan rumah warga Baduy di Kabupaten Lebakyang terbakar.  (hudaya/bantenraya.com)
Kondisi puluhan rumah warga Baduy di Kabupaten Lebakyang terbakar. (hudaya/bantenraya.com)

BANTENRAYA.COM - Penyebab kebakaran yang memusnahkan 23 rumah warga Baduy Dalam di Kampung Huni, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, sudah diketahui. 

Dari hasil penyelidikan yang dilakukan pihak Polres Lebak bersama Polsek Leuwidamar, asal api yang membakar puluhan rumah tersebut, dari api yang masih menyala di rumah salah seorang warga Baduy bernama Ado yang saat itu sedang ditinggal penghuninya.

Kapolres Lebak AKBP Teddy Rayandra yang dihubungi melalui telepon genggamnya, mengatakan, pada saat kejadian, tepatnya pada Rabu 13 Oktober 2021 sekira pukul 14.00 Wib, kondisi rumah Ado dalam keadaan kosong. 

Baca Juga: Viral, Sedihnya Bocah SD Kehilangan Uang Jajan Rp12 Ribu

Ado dan keluarganya tidak menyadari bila saat itu tungku di atas balai-balai rumahnya masih keadaan menyala.

"Pada saat api tidak disadari masih menyala, Ado dan keluarganya meninggalkan rumahnya. Pada saat rumah telah ditinggalkan, maka api ditungku tersebut membakar balai-balai, serta mermbat ke seluruh bagian rumah," ujar AKBP Teddy, kemarin.

Mengingat rumah Ado dengan rumah warga lainya hanya berjarak sekitar satu meter, maka api di rumah Ado dengan mudah membakar rumah lainya. 

Baca Juga: Yuk Saksikan, Film Yuni Segera Tayang di Bioskop Kota Cilegon

Bahkan, karena saat itu terjadi hembusan angin yang cukup kencang, maka dalam waktu singkat sebanyak 23 rumah, serta satu lumbung padi, musnah terbakar.

Halaman:

Editor: M Hilman Fikri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X