• Kamis, 9 Desember 2021

Kulkas dan Dispenser Ternyata Bisa Menyebabkan DBD, Begini Penjelasannya

- Jumat, 15 Oktober 2021 | 11:53 WIB
Petugas pemantau jentik memantau bak mandi dan tempat favorit bersarang Nyamuk penyebab DBD, Jumat 15 Oktober 2021.  (Dokumentasi Puskesmas Cilegon)
Petugas pemantau jentik memantau bak mandi dan tempat favorit bersarang Nyamuk penyebab DBD, Jumat 15 Oktober 2021.  (Dokumentasi Puskesmas Cilegon)

BANTENRAYA.COM - Selain bak mandi, nyamuk Aedes Aegypti penyebab demam berdarah dengue atau DBD, ternyata suka juga bersarang di tempat-tempat favorit yang luput dari jangkauan.

Nyamuk Aedes Aegypti penyebab demam berdarah dengue atau DBD itu biasa bersarang di genangan air yang ada di perabot rumah tangga misalnya dispenser, kulkas dan tempat minum burung yang luput dibersihkan secara rutin. 

Untuk itu, dibutuhkan pantauan rutin minimal satu pekan sekali untuk bisa membersihkannya, sehingga sarang nyamuk DBD bisa diberantas. 

Baca Juga: Baim Wong Kini Malu dengan Kakek Suhud  

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon Ratih Purnamasari menjelaskan, idealnya di setiap rumah ada satu orang yang ditugaskan khusus untuk memeriksa jentik nyamuk secara rutin minimal satu pekan sekali. 

Baca Juga: Live Streaming Gratis Pertandingan PSIS Semarang vs Persik Kediri Jumat 15 Oktober 2021 Pukul 15.15 WIB

Hal itu agar sarang nyamuk benar-benar bisa diberantas. 

Terlebih tempat-tempat favorit yang luput dari jangkauan, baik itu barang elektronik atau tempat yang berpotensi ada genangan air, misalnya pot bunga, tempat minum burung dan lainnya. 

"Yah, kalau dilihat bak mandi rata-rata masih bersih. Tapi perlu juga diperiksa tempat genangan air lainnya, misalnya yang tidak terlihat. Itu yang jadi tempat bersarang yang luput dari pantauan," katanya saat menggelar gerakan serentak (Gertak) pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di Kelurahan Bendungan, Jumat 15 Oktober 2021.

Halaman:

Editor: M Hilman Fikri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ratusan Goweser Bakal Kumpul di Acara Fun Bike 12.12

Jumat, 3 Desember 2021 | 23:19 WIB
X