• Sabtu, 23 Oktober 2021

Hukuman Bagi Pelaku dan Penerima Serangan Fajar di Pilkades Serentak Bikin Bergidik, Ini Ancamannya

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 17:45 WIB
 Kapolres Pandeglang AKBP Belny Warlansyah mengecek persiapan anggota untuk pengamanan Pilkades serentak, Selasa 12 Oktober 2021. (yanadi/Bantenraya.com)
Kapolres Pandeglang AKBP Belny Warlansyah mengecek persiapan anggota untuk pengamanan Pilkades serentak, Selasa 12 Oktober 2021. (yanadi/Bantenraya.com)

BANTENRAYA.COM – Aparat kepolisian akan memberikan sanksi hukum kepada pelaku serangan fajar atau politik uang dalam Pilkades serentak 2021.

Sanksi hukum itu bikin brigidig karena berupa penjara yang lumayan lama yakni Sembilan bulan bagi pelaku serangan fajar serta penerima serangan fajar.

Atas dasar ini, masyarakat Kabupaten Pandeglang diimbau untuk tidak menerima dan melakukan seragan fajar untuk memenangkan calon jagoannya jelang pencoblosan 17 Oktober 2021.

Baca Juga: Ada 206 Desa Rawan Konflik Pilkades Serentak Kabupaten Pandeglang

Bagi tim oknum calon kepala desa yang terbukti melakukan perbuatan serangan fajar terancam Pasal 149 KUHP dengan pidana 9 bulan penjara.

Bagi masyarakat yang mengetahui adanya politik uang atau serangan fajar di Pilkades dapat segera berkoordinasi dengan Polres Pandeglang.

Kapolres Pandeglang AKBP Belny Warlansyah berjanji akan menindak tegas oknum calon kepala desa yang berani melakukan politik uang atau serangan fajar di Pilkades. Jika terbukti melakukan politik uang akan terkena sanksi.

"Apabila kami temukan ada politik uang pada saat Pilkades dapat dikenakan Pasal 149 KUHP, dimana yang memberi janji atau suap kepada pemilih untuk hak suara dengan tujuan tertentu saat pemilihan dapat di pidana 9 bulan penjara," tegasnya.

Baca Juga: Tiga Perusahaan Tambak Udang di Pandeglang Ditutup Permanen

Kapolres mengatakan, tidak segan-segan memproses jika ditemukan politik uang atau serangan fajar selama proses pemilihan Pilkades. "Calon kepala desa harus siap terpilih dan tidak terpilih. Jangan sampai menghalalkan segala cara salah satunya dengan menggunakan politik uang pada saat Pilkades," tegas Kapolres, Selasa 12 Oktober 2021.

Halaman:

Editor: Muhaemin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Libur Maulid Nabi Muhammad, Hunian Hotel Meningkat

Rabu, 20 Oktober 2021 | 16:47 WIB
X