• Sabtu, 23 Oktober 2021

DLH Cilegon Klaim Angkut Sampah Secara Rutin di Jalan Raya Merak

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 15:10 WIB
 Tumpukkan sampah di fly over Merak, Kelurahan Tamansari, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, sudah mulai dibersihkan, Selasa 12 Oktober 2021 (Gillang Banten Raya)
Tumpukkan sampah di fly over Merak, Kelurahan Tamansari, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, sudah mulai dibersihkan, Selasa 12 Oktober 2021 (Gillang Banten Raya)

BANTENRAYA.COM- Dinas Lingkungan Hidup atau DLH Kota Cilegon secara rutin mengangkut sampah yang berada di fly over Jalan Yos Sudarso, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon.

Pelaksana Tugas Kepala Unit Pelayanan Teknis atau UPT Pengelolaan Sampah Wilayah 3, Bagus Ardanto mengatakan, sampah yang berada di tempat sampah liar ataupun di pinggir jalan raya diangkut secara rutin oleh pihaknya. 

 "Tugas dan fungsi UPT Pengelolaan Sampah adalah melakukan pelayanan sampah kepada masyarakat dan itu ada Perda nomor 7 tahun 2016 tentang Pengelolaan Sampah, artinya masyarakat yang mendapat pelayanan adalah yang membayar retribusi pelayanan," kata Bagus kepada Bantenraya.com, Selasa 12 Oktober 2021.

Baca Juga: Kepala Badan Intelijen Negara Datangi Pelajar SMA di Cilegon, Ini yang Dilakukan

Kata Bagus, apabila ada titik titik sampah liar itu adalah pelanggaran Perda 5 tahun 2003 tentang Ketertiban, Kebersihan dan Keindahan atau K3. Pelanggar tersebut bisa dijerat dengan Perda tersebut. 

Sementara, penegakkan Perda bukan kewenangan Dinas Lingkungan Hidup atau DLH Kota Cilegon

"Biar bagaimanapun sampah liar tetap kami angkut, tapi menjadi prioritas kedua setelah pelayanan kami kepada masyarakat yang membayar retribusi," terang Bagus. 

Kata Bagus, pihaknya melakukan pengangkutan sampah liar, apabila pada hari itu kendaraan truk sampah DLH Cilegon penuh, maka sampah liar akan diangkut keesokan harinya.

Baca Juga: Antisipasi Klaster Sekolah, SMP di Kota Serang Terapkan Aplikasi Barcode Peduli Lindungi

"Hal itu mengingat keterbatasan armada yang kami miliki. Jadi urusan sampah di Fly Over Merak memang tanggung jawab kami di UPT 3, tapi kalau sampah liar itu menjadi tanggungjawab Penegak Perda. Setelah  pelanggar ditindak dan didenda, baru kami membersihkan sampahnya," ucapnya. ***

Halaman:

Editor: Muhaemin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X