• Jumat, 28 Januari 2022

Pemkot Serang Berencana Alihkan Penanganan Sampah ke Kecamatan dan Kelurahan

- Minggu, 3 Oktober 2021 | 20:04 WIB
Pemandangan sampah liar yang menumpuk di salah satu ruas jalan di Kecamatan Serang. (Dokumentasi Banten Raya)
Pemandangan sampah liar yang menumpuk di salah satu ruas jalan di Kecamatan Serang. (Dokumentasi Banten Raya)

BANTENRAYA.COM- Pemerintah Kota (Pemkot) Serang berencana mendelegasikan atau mengalihkan kewenangan penanganan sampah sampai ke tingkat kecamatan dan kelurahan. Diharapkan upaya ini dapat menyelesaikan persampahan di tingkat kecamatan.

 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Serang Ipiyanto mengatakan, pendelegasian kewenangan ini merupakan salah satu program DLH untuk menyelesaikan permasalahan sampah di tingkat kecamatan.


"Dengan banyaknya muncul TPS liar di beberapa kelurahan, diharapkan upaya ini dapat menyelesaikan satu masalah yakni sampah liar, karena kecamatan lebih paham dan mengetahui keberadaan wilayahnya," ujar Ipiyanto kepada Banten Raya, Minggu 3 Oktober 2021.

Baca Juga: Persembahkan Emas Pertama, Mia Berlinang Air Mata Dipelukan Wagub Banten 

Ia menjelaskan, kecamatan dan kelurahan akan lebih mudah memberikan sosialisasi kepada masyarakatnya, lantaran lebih memahami keberadaan di wilayahnya.

"Kami mengharapkan peran serta tingkat kecamatan, kelurahan, dan masyarakatnya itu dapat menyelesaikan persampahan dengan cara melakukan mengolah dan memproses sampah itu sendiri," jelas dia.

 

Ia menjelaskan, rencana pendelegasian kewenangan ini akan dilakukan dalam waktu dekat ini, dengan syarat masyarakatnya sudah siap untuk menerima program kegiatan ini.

Karena pendelegasian kewenangan ini akan diserahkan termasuk personel, masalah pembiayaannya, dan sarana prasarananya, sehingga pihaknya akan memberikan pembekalan bagaimana caranya mengatasi permasalahan pengolahannya.

Halaman:

Editor: Rahmat Kurniawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perkuat Toleransi, 600 Orang Gowes Bareng

Kamis, 27 Januari 2022 | 10:37 WIB

Walikota Syafrudin Sentil Lurah Soal Tumpukan Sampah

Selasa, 25 Januari 2022 | 16:51 WIB

Pemkot Serang Bangun UDD PMI Kota Serang Tahun Depan

Kamis, 20 Januari 2022 | 21:06 WIB
X