Walikota Cilegon Helldy Agustian Komentari Pendapatan RSUD Anjlok, Segini Ternyata Angkanya

- Minggu, 26 September 2021 | 21:28 WIB
Kondisi gedung RSUD Kota Cilegon  (Dokumen Facebook RSUD Kota Cilegon)
Kondisi gedung RSUD Kota Cilegon (Dokumen Facebook RSUD Kota Cilegon)

BANTENRAYA.COM - Walikota Cilegon Helldy Agustian sempat berkomentar soal pendapatan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Cilegon yang anjlok sampai 40 persen. Untuk itu dirinya akan meningkatkan daya saing dan pelayanan kesehatan dengan membangunkan gedung RSUD 5 lantai pada 2023 mendatang.

 
Ternyata dari target pemasukan Rp83 miliar pada 2021 ini, Direksi dan Manajemen RSUD Kota Cilegon baru bisa merealisasikan sebesar Rp30 miliar saja sampai pertengahan tahun. Angka tersebut diprediksi akan sulit terealisasi mengingat rumah sakit sepi karena kondisi pandemi.

  

Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian RSUD Kota Cilegon Faruk Oktavian membenarkan jika sekarang pendapatan RSUD Kota Cilegon masih sekitar Rp30 miliar di bulan kesembilan 2021. Penurunan tersebut merupakan murni karena kondisi pandemi covid - 19. Dimana, jelas Faruk, orang-orang masih khawatir ke rumah sakit untuk memeriksa kesehatan.

 Baca Juga: Softball Pandeglang Intensifkan Sosialisasi ke Sekolah

 “Yah semua rumah sakit pasti menurun pendapatannya. Ini murni karena pandemi. Target RSUD itu sekitar Rp83 miliar tahun ini, sekarang baru masuk sekitar Rp30 miliar saja,” katanya kepada wartawan, Minggu 26 September 2021.

 
Faruk menambahkan, untuk rencana pembangunan 5 lantai yang disampaikan Helldy pada 2023 mendatang masih sangat memungkinkan. Sebab, masih cukup banyak lahan kosong di area RSUD Kota Cilegon.

 “Masih ada sekitar 1 hektar lagi lahan yang kosong tapi terpisah-pisah titiknya. Namun, jika mau membangun 5 lantai di area 1.000 meter cukup dan tersedia,” imbuhnya.

Baca Juga: Ukir Sejarah, Atletik Lebak Tampil di PON XX Papua 

 Dengan rencana 5 lantai tersebut, papar Faruk, akan lebih meningkatkan pelayanan, terlebih berbagai pemeriksaan laboratorium, radiologi, ICU dan lainnya dalam satu atap.

 “Sekarang itu IGD terpisah dengan lab, radiologi dan beberapa pemeriksaan cukup lumayan jauh. Kedepan jika ada 5 lantai akan sangat membantu dan meningkatkan pelayanan bisa satu atap,” ucapnya.

Sebelumnya, Walikota Cilegon Helldy Agustian memastikan pada 2023 akan membangun gedung RSUD Kota Cilegon 5 lantai.

Hal itu diutarakan Helldy saat memberikan sambutan pada Pelantikan Pengurus Ikatan Keluarga Alumni (Ika) Fakultas Teknik (FT) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Sabtu 25 September 2021.

Baca Juga: Ini Solusi Menghadapi Ujian Hidup Versi Aa Gym 

Helldy menyatakan, dibangunnya RSUD Kota Cilegon itu agar pelayanan kesehatan semakin baik.Sebab, sekarang ini persaingan bidang kesehatan terutama rumah sakit sudah cukup banyak di Kota Cilegon.

Halaman:

Editor: Rahmat Kurniawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X