• Senin, 29 November 2021

Ceramah Almarhum Syekh Ali Jaber: Tips dan Cara Hatam Baca Al-Qur’an Dalam 10 Jam

- Jumat, 24 September 2021 | 05:00 WIB
Almarhum Syekh Ali Jaber (tangkapan layar youtube Media DaKwah Hikmah TV )
Almarhum Syekh Ali Jaber (tangkapan layar youtube Media DaKwah Hikmah TV )

BANTENRAYA.COM  - Artikel ini masih akan mengupas kelanjutan ceramah Ulama Besar almarhum Syekh Ali Jaber sebagaimana diunggah dalam akun Youtube Media Dakwah Hikmah TV yang dilihat BantenRaya.com dengan tema berkaitan dengan keutamaan membaca ayat Suci Al-Qur’an.

Dalam ceramahnya, selain membahas pahala dan keutamaan membaca Al-Qur’an Almarhum Syekh Ali Jaber juga berbagi tips dan cara bagaimana bisa hatam baca Al-Qur’an dalam waktu yang singkat.

Namun sebelum memberikan tipsnya, Almarhum Syekh Ali Jaber menyatakan kala hidup memutuskan tidak memegang HP. “Kita rugi berjam-jam, berbulan bulan bahkan bertahun tahun jauh dari Al-Quran (karena fokus pada HP),” katanya.

Baca Juga: Ceramah Almarhum Syekh Ali Jaber: Ada 10 Kebaikan Setiap Membaca 1 Huruf Al-Qur’an

Almarhum Syekh Ali Jaber menyatakan rasa herannya ketika ada orang mengeluh lewat satu bulan bahkan setahun tidak bisa hatam Al Quran. “Satu bulan itu 30 hari,  minimal satu hari 1 juz dikali 30 hari,” almarhum Syekh Ali Jaber memberikan tips.

Lalu ada orang 1 tahun tidak hatam-hatam. Ada juga yang hatamnya saat Ramadhan saja dan nanti ketemu Ramadhan lagi (baru hataman).

“Ini kondisi kita saat ini (jauh dari Al Quran), makanya orang berkata negeri kita maslah terus, politiknya begini dan berubah tatannan kita. Hubunga kita jauh dari Allah makanya ada musibah. (musibah akan hilang) sampai kita memperbaiki hubungan dengan Allah. Ingat, perubahan berkali kali dalam kemepimpinan tidak akan berbuah baik kalau hubungan kita dengan Allah jauh,” bebernya.

Soal cepat hatam Al-Quran, Almarhum Syekh Ali Jaber juga memberikan cara yang pernah ia praktikan dimana saat itu ulama ini bisa hatam satu juz dalam sehari dengan bacaan yang tartil tidak terlalu lambat dan tidak terlalu cepat.

Baca Juga: Teladani Sosok Ulama, Sanuji Napak Tilas Perjuangan Syekh Asnawi di Caringin

“30 hari bisa dihatam dalam 10 jam. Saya pernah mencoba pakai alarm di rumah. (baca Al Quran) dari subuh sampai duhur, tiba waktu duhur saya stop alam dan mulai lagi setelah duhur sampai asar stop lagi dan dilanjutkan lagi sampai ba’da isya. 10 jam Alhamdulillah mampu 30 juz,” paparnya.

Halaman:

Editor: Muhaemin

Sumber: YouTube

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X