• Jumat, 19 Agustus 2022

Anda Pelupa atau Suka Lupa? Ini Cara Mengatasinya Kata Ust Adi Hidayat

- Rabu, 22 September 2021 | 15:40 WIB
 Ust Adi Hidayat saat menjelaksan ayat pencegah lupa (Tangkapan layar)
Ust Adi Hidayat saat menjelaksan ayat pencegah lupa (Tangkapan layar)

BANTENRAYA.COM - Lupa, mungkin setiap orang pernah mengalaminya baik itu lupa setelah membuat janji, lupa membawa barang-barang kita yang sangat penting termasuk lupa Allah SWT sehingga kita berbuat dosa.

Ustadz Adi Hidayat (UAH) memberi nasihat untuk mengatasi masalah lupa bagi mereka yang terbiasa lupa yang diunggal dalam akun youTube Adi Hidayat Official. Pada menit 3.06 UAH secara detail cara mengatasi lupa.

UAH menjelaskan, Al-Quran memberikan solusi kepada kita bagaimana seseorang bisa menjaga ingatan yang kuat dan terhindar dari lupa sehingga saat belajar tidak mudah lupa, saat menghadapi ujian cepat ingat materi yang dihafalkan.

Baca Juga: Ustadz Adi Hidayat Ingatkan Para Orangtua, Pilih Sekolah Ajarkan Salat dan Cinta Alquran

"Qur'an Surat (QS) Al-Kahfi ayat ke 24 Allah mengajarkan kepada kita tentang bagaimana mengatasi lupa," ujar UAH dalam youTube yang diunggah satu bulan lalu.

Adapun arti dari QS Al-Kahfi ayat 24 sebagai berikut. "kecuali (dengan mengatakan), “Insya Allah.” Dan ingatlah kepada Tuhanmu apabila engkau lupa dan katakanlah, “Mudah-mudahan Tuhanku akan memberiku petunjuk kepadaku agar aku yang lebih dekat (kebenarannya) daripada ini”.

UAH menuturkan, ayat tersebut memang punya tafsiran beragam diantara mufasir. Ada yang berpandangan bahwa ayat ini meminta kita untuk mengingat Allah dengan mengatakan isnya Allah saat kita berjanji untuk melakukan sesuatu di kemudian waktu kepada pihak lain.

"Ada juga yang menafsirkan bahwa ayat ini memberikan gambaran kepada kita untuk mengingat Allah jika kita pernah berjanji, pernah berbicara menjanjikan sesuatu, begitu kita ingat sebelum kita tepati kita katakan insya Allah atau ingat kepada Allah SWT," katanya.

Baca Juga: Sahabat Dekat Bisa Melemahkan Iman, Ini Kata Ustadz Adi Hidayat

Ia mengatakan, ayat tersebut mengingatkan kepada kita ketika lupa ingatlah Allah dan berdzikir lah kepada Allah. Dzikir bisa dengan mengucap kalimat toyyibah sekalipun itu istigfar, subhanallah, masya Allah, Allahu Akbar," tuturnya.

Halaman:

Editor: Muhaemin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Arti Lambang Garuda Pancasila, Berikut Ulasannya

Senin, 15 Agustus 2022 | 11:18 WIB

KUA PPAS Kota Serang Tahun 2023 Bertambah 2 Miliar

Jumat, 12 Agustus 2022 | 07:52 WIB
X