• Rabu, 29 Juni 2022

Siswa Madrasah di Cilegon Bersiap Ikuti Lomba Robotik Nasional, Ini Alat yang Dibuat

- Senin, 20 September 2021 | 08:10 WIB
Siswa MIN 1 Cilegon tengah mempersiapakan mobile robot untuk lomba tingkat nasional  (dokimen MIN 1 Cilegon)
Siswa MIN 1 Cilegon tengah mempersiapakan mobile robot untuk lomba tingkat nasional (dokimen MIN 1 Cilegon)

BANTENRAYA.COM - Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 dan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTSN) 2 Cilegon bersiap ikuti lomba Madrasah Robotik Kompetisi tingkat nasional. Sebanyak 2 robot dan 1 alat penditeksi oxigen dan jantung akan di tampilkan pada lombakan di Kota Tangerang Selatan awal Oktober mendatang.

Pembina Siswa Madrasah Rizki Rahayu Pratama menjelaskan, untuk siswa MIN 1 Cilegon akan ikut dalam dua lomba yaitu rancang bangun dengan membuat penditeksi oxigen dan jantung dan robotik pemindah barang. sementara MTs 2 Cilegon akan ikut dalam mobile robot dengan robot pemindah barang.

"Itu pendaftaran Juli sampai Agustus lalu, baru pada 1 sampai 10 September seleksi dan kami lulus. Ada MIN 1 Cilegon dengan kategori rancang bangun dan juga mobile robotik, serta MTSN 2 Cilegon dengan mobile robotik," katanya kepada bantenraya.com, Senin 20 Sepetember 2021.

Rizki menjelaskan, untuk alat Airoxigen atau penditeksi oksigen dan jantung nantinya akan menditeksi kadar oksigen dan detak jantung siswa saat masuk ke sekolah. Alat tersebut akan terhubung dengan plang parkir otomatis, jika kadar oksigen lebih dari 95 persen maka plang akan membuka dan siswa boleh masuk.

"Ini penditeksi atau sensor untuk memastikan siswa kadar oksigennya normal dan detak jangtung bagus. Jadi kalau normal maka plang akan membuka dan siswa bisa masuk," jelasnya.

Tidak hanya itu, imbuh Rizki Airoxigen itu juga akan terkoneksi dengan aplikasi dalam smartphone orang tua, sehingga orang tua bisa mengecek kesehatan anak-anak dari rumah. Sebab, akan ada pemberitahuan dalam aplikasi.

"Aplikasinya namanya Bliynk. Ini orang tua bisa melihat kesehatan anak-anaknya lewat aplikasi," imbuhnya.

Untuk menciptakan alat tersebut, papar Rizki, hanya membutuhkan komponen mudah dan murah atau hanya senilai Rp500 ribu rupiah.

"Ini cukup hanya Rp500 saja," paparnya.

Untuk robotik sendiri, jelas Rizki, ada siswa MIN 1 Cilegon dan MTSN 2 Cilegon yang akan ikut, dimana keduanya menyiapkan robot pemindah barang yang akan dikompetisikan nanti.

Halaman:

Editor: Muhaemin

Tags

Terkini

Alumni SMPN 3 Cilegon Gelar Reuni Akbar

Senin, 14 Maret 2022 | 14:00 WIB
X