• Rabu, 20 Oktober 2021

17 Kecamatan di Pandeglang Bakal Dijadikan Sentra Porang

- Jumat, 17 September 2021 | 20:19 WIB
Bupati Irna Narulita memaparkan potensi alam Pandeglang dihadapan pejabat Kementan, Kamis 16 September 2021 (muhaemin)
Bupati Irna Narulita memaparkan potensi alam Pandeglang dihadapan pejabat Kementan, Kamis 16 September 2021 (muhaemin)

BANTENRAYA.COM – Kementerian Perindustrian Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah akan menjadikan Kabupaten Pandeglang sentra budi daya porang. Sudah ada 17 kecamatan di Pandeglang yang siap dijadikan tempat budidaya porang.

Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan Pemkab Pandeglang merupakan wilayah yang selama ini jadi lumbung pangan dan menjadi salah satu penyuplai 34 persen kebutuhan pangan di Provinsi Banten bahkan ditingkat nasional Pandeglang bisa berkontribusi 1,5 persen.

Menurut Irna selain terus meningkatkan produktifitas pajale (padi, jagung, dan kedelai) Pandeglang juga saat ini sedang mencoba meningkatkan budidaya tanaman porang. “Ada sekitar 17 kecamatan menjadi sentra budidaya tanaman porang, dimana dalam kurun waktu satu tahun kita mampu memproduksi tanaman porang sebanyak 5.600 ton,” katanya, Jumat 17 September 2021.

Baca Juga: Hati-Hati Nih untuk Para Petani, Harga Porang di Kabupaten Serang Anjlok

Kata Irna, Kementerian Perindustrian mendukung Pandeglang jadi sentra porang. “Kami berterimakasih kepada pemerintah pusat yang sangat perhatian kepada Pandeglang,” jelasnya. 

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang Budi Januardi mengatakan, saat ini budidaya tanaman porang terdapat di 17 kecamatan. Dalam satu tahun terakhir ini budidaya tanaman porang kata Budi tumbuh progresif yang awalnya itu hanya seluas 250 hektar akan tetapi sampai dengan saat ini mengalami peningkatan sekitar 568 hektar. “Ini perkembangan yang luar biasa dalam budidaya tanaman porang,” kata Budi.

Baca Juga: Dukung Produktivitas Pertanian, PLN Peduli Berikan Pelatihan di Desa Sindangsari

Dikatakan Budi, nantinya pembudidaya porang akan mendapat pembinaan, pendampingan dan  pelatihan, bagaimana tata cara membudidaya tanaman porang yang baik  oleh Kementerian Perindustrian RI. “Kami optimis porang Pandeglang akan mendunia.” ***

Editor: Muhaemin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X