• Sabtu, 25 September 2021

Ada Nama Pulau Hingga Zodiak, Berikut Daftar Nama Kapal di Pelabuhan Merak-Bakauheni

- Rabu, 15 September 2021 | 21:59 WIB
Sebuah kapal sedang melakukan pelayaran dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheni, belum lama ini. (Ainul Gillang/Banten Raya)
Sebuah kapal sedang melakukan pelayaran dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheni, belum lama ini. (Ainul Gillang/Banten Raya)

BANTENRAYA.COM - Pelabuhan Merak, Kota Cilegon dan Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, merupakan pelabuhan penyeberangan yang menghubungkan Pulau Jawa dan Sumatera.

Di lintasan laut yang padat tersebut, terdapat 71 kapal motor penumpang (KMP) yang beroperasi dari Pelabuhan Merek ke Bakauheni dan sebaliknya. 

Kapal yang beroperasi di Pelabuhan Merak dan Bakauheni memiliki nama lambung yang berbeda-beda. Penamaan di lambung kapal disematkan oleh masing-masing perusahaan pelayaran pemilik kapal

 Baca Juga: Atlet Dapat Medali di PON Papua, Walikota Cilegon Janji Guyur Bonus

Daftar nama kapal yang memiliki jalur pelayaran Merak-Bakauheni tergoling bervariatif.

Ada kapal yang dilabeli dengan nama pulau seperti KMP Sebuku milik PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry. Sebuku sendiri merupakan nama pulau di Lampung Selatan. 

Nama pulau juga diberikan terhadap kapal milik PT ASDP Indoensia Ferry lainnya, yaitu KMP Legundi. Legundi merupakan nama salah satu pulau di gugus kepulauan krakatau. 

Baca Juga: Salon Mobil Indi Full Booking Hingga Dua Pekan ke Depann

Sementara, nama kapal di lintasan Merak-Bakauheni juga ada yang dilabeli dengan nama Raja Herajaan Hindu pertama di Indonesia yaitu Mulawarman.

Mulawarman sendiri Raja Kerajaan Kutai Kartanegara yang berada di Kalimantan Timur. KMP SMS Mulawarman sendiri merupakan milik PT Sekawan Maju Sejahtera. 

Halaman:

Editor: Jermainne Tirta Dewa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X