• Sabtu, 18 September 2021

Sektor Pariwisata di Kota Serang Belum Sumbang Signifikan PAD

- Rabu, 15 September 2021 | 08:07 WIB
Sekretaris Disparpora Kota Serang Nursalim saat menyampaikan materi kepada peserta Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata yang digelar Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kota Serang, Selasa 14 September 2021.  (M Tohir/Banten Raya)
Sekretaris Disparpora Kota Serang Nursalim saat menyampaikan materi kepada peserta Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata yang digelar Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kota Serang, Selasa 14 September 2021. (M Tohir/Banten Raya)

 

BANTENRAYA.COM- Sektor pariwisata di Kota Serang dinilai belum menyumbang secara signifikan pendapatan asli daerah (PAD) Kota Serang. Padahal, di daerah lain sektor pariwisata bisa menyumbang bahkan mencapai 70 persen untuk PAD.

Ketua Komisi III DPRD Kota Serang Tb Ridwan Akhmad mengatakan, PAD tidak hanya dibantu oleh adanya pendapatan dari sektor pembangunan, namun sektor pariwisata sesungguhnya bisa menyumbang PAD secara signifikan.

“Pariwisata Kota Serang belum menyumbang signifikan pendapatan asli daerah,” kata Ridwan saat menjadi salah satu pemateri dalam kegiatan pelatihan tata kelola destinasi pariwisata yang digelar Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kota Serang, Selasa 14 September 2021.

Baca Juga: Bahaya! Lereng Gunung Karang Pandeglang Longsor

Padahal, kata Ridwan, Kota Serang mempunyai potensi wisata yang sangat besar dan beragam, mulai dari wisata budaya, wisata alam, dan wisata buatan. Semuanya ada di Kota Serang.

Namun dari banyaknya ragam wisat aitu, yang paling besar adalah wisata warisan budaya (heritage tourism), yang berasal dari pra Islam, saat Kesultanan Banten, sampai dengan ketika era kolonialisasi.

“Kota Serang dulu pernah menjadi pusat pemerintahan saat zaman Belanda dan bangunan ala Eropa masih banyak di Kota Serang,” katanya.

Baca Juga: 10 Titik Rawan Gempa dan Tsunami di Pandeglang Selatan Ditanami Alat Pendeteksi

Di daerah lain yang pariwisatanya sudah maju, kata Ridwan, mampu menyumbang sampai dengan 70 persen PAD yang berasal dari sektor pariwisata. Sayangnya pariwisata di Kota Serang masih belum banyak mendapatkan apresiasi dari masyarakat.

Halaman:

Editor: Rahmat Kurniawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

67 Ribu Pelanggar Terekam ETLE

Sabtu, 18 September 2021 | 14:07 WIB

Kesbangpol Ajukan Kenaikan Bankeu Partai 100 Persen

Sabtu, 18 September 2021 | 13:14 WIB

Alihkan Perhatian Anak pada Gawai dengan Buku

Sabtu, 18 September 2021 | 13:08 WIB

Awas Bisa Dipenjara, Ini Aturan Kepemilikan Airsoft Gun

Sabtu, 18 September 2021 | 13:02 WIB
X