• Sabtu, 18 September 2021

10 Titik Rawan Gempa dan Tsunami di Pandeglang Selatan Ditanami Alat Pendeteksi

- Selasa, 14 September 2021 | 20:43 WIB
Pegawai BPBD Pandeglang melihat sistem Ina TEWS yang terpasang sebagai alat pendeteksi gempa bumi di kantornya, Selasa, 14 September 2021. (Yanadi/Banten Raya)
Pegawai BPBD Pandeglang melihat sistem Ina TEWS yang terpasang sebagai alat pendeteksi gempa bumi di kantornya, Selasa, 14 September 2021. (Yanadi/Banten Raya)

BANTENRAYA.COM - Wilayah pesisir pantai Pandeglang Selatan dipasangi alat pendeteksi peringatan gelombang tsunami dan gempa.

Pemasangan alat pendeteksi tersebut berfungsi secara real time untuk mengetahui jika akan terjadi gempa dibarengi dengan tsunami.

Ada tiga alat yang dipasang, terdiri atas sirene peringatan dini tsunami, Earthquake Early Warning Sistem (EEWS), dan Indonesia Tsunami Early Warning Sistem (Ina TEWS) Newgen.

Baca Juga: Warga Pandeglang Cium Bau Hangus Saat Sedang Tidur, Ternyata Rumahnya yang Terbakar

Alat itu sengaja dipasang Badan Meteorologi dan Klimatologi Geofisika (BMKG) lantaran wilayah Kabupaten Pandeglang bagian selatan rawan tsunami.

Mengingat pada tahun 2018 lalu sempat diterjang tsunami hingga menyebabkan bnayak korban jiwa dan ribuan rumah warga hancur.

Plt Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pandeglang Rahmat Zultika membenarkan, alat pendeteksi gempa dan tsunami sudah terpasang.

Baca Juga: Miliki Sabu 0,2 Gram, Doyok Dituntut 8 Tahun

Pemasangan alat itu tersebar di beberapa kecamatan di Pandeglang Selatan.

"Untuk dua sirine peringatan dini tsunami yang telah terpasang di Kecamatan Labuan dan Panimbang," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Jermainne Tirta Dewa

Artikel Terkait

Terkini

Stadion Badak Mati Suri, Bupati Pandeglang Cari Investor

Jumat, 17 September 2021 | 12:49 WIB

Pandeglang Digoyang Gempa Magnitudo 4,2

Selasa, 14 September 2021 | 19:20 WIB
X