• Rabu, 20 Oktober 2021

Wisatawan yang Berwisata ke Baduy Alami Peningkatan

- Sabtu, 11 September 2021 | 08:59 WIB
Seorang wanita Baduy sedang melakukan aktivitas menenun kain khas daerah setempat. Kain khas Baduy banyak diburu wisatawan (hudaya meidana)
Seorang wanita Baduy sedang melakukan aktivitas menenun kain khas daerah setempat. Kain khas Baduy banyak diburu wisatawan (hudaya meidana)

BANTENRAYA.COM - Para wisatawan yang hendak nyaba (kunjungan) ke Baduy, belakangan ini mengalami peningkatan. Akibat kondisi tersebut, maka geliat jual beli oleh-oleh berupa kerajinan tangan dan madu asli Baduy di wilayah Desa Kanekes maupun di sekitar Ciboleger, Kecamatan Leuwidamar, turut mengalami peningkatan.

Eman, salah seorang pemilik warung makan, sekaligus penjual oleh-oleh khas Baduy di Ciboleger kepada Banten Raya membenerkan, sejak satu pekan terakhir ini, wisatawan lokal maupun wisatawan dari luar Banten yang melakukam saba Baduy mengalami peningkatan. Mengingat ada peningkatkan, maka dampak terhadap warung makannyapun cukup menggembirakan.

"Kebetulan di warung makan saya menjual oleh-oleh khas Baduy juga. Makanya saat kunjungan wisatawan mengalami peningkatan, maka wisatawan yang mampir ke warung saya,"ujar Eman, Sabtu (11/9).

Baca Juga: Hilmar Farid Puji Kearifan Lokal Warga Baduy

Udil warga Baduy yang berdomosili di Kampung Kaduketug II, Desa Kanekes mengatakan, pada saat Kabupaten Lebak masuk zona merah, serta semua lokasi wisata dilarang beroperasi, maka kawasan wisata Baduy pun sepi pengunjung. Namun, setalah Lebak masuk ke zona kuning, serta semua lokasi wisata boleh dibuka untuk umum, maka kawasan wisata Baduy, mulai ramai lagi dari pengunjung.

"Karena yang saba Baduy mulai meningkat, maka semua jenis kerajinan tangan yang dijual di rumah saya, kini banyak yang terjual,"kata Udil.

Baca Juga: Pakai Baju Adat Sudah, Kini Jokowi Diminta Kunjungi Baduy

Terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Lebak, Imam Rimahayadin, mengatakan, dari hasil pemantauan pihaknya, bahwa saba Baduy selama satu pekan belakangan ini mengalami peningkatan yang signifikan. Hal itu lanjut Imam, berkat ditetapkannya kelonggaran pada perpanjangan penetapan pemberlakuan pembetasan kegiatan masyarakat (PPKM), sehingga wajar bila saba Baduy mengalami peningkatan.

"Kelonggaran dimasa PPKM ini, mungkin telah diketahui masyarakat diluar Banten, sehingga merakapun, kini bisa berkunjung ke Baduy,"kata Imam. ***

Halaman:

Editor: Muhaemin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X