• Rabu, 29 Juni 2022

Tidak Ingin Jadi Pengangguran? Ini Pesan Wakil Ketua DPRD Kota Cilegon Saat Webinar di Politeknik PGRI Banten

- Kamis, 9 September 2021 | 15:31 WIB
Suasana Webinar Politeknik PGRI Banten, Selasa, 7 September 2021. (Danang/Banten Raya)
Suasana Webinar Politeknik PGRI Banten, Selasa, 7 September 2021. (Danang/Banten Raya)

BANTENRAYA.COM - Pengangguran di Kota Cilegon hingga saat ini masih menjadi yang tertinggi kedua di Banten yaitu mencapai angka 12,69 persen.

Data pengangguran tersebut berdasatkan Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2020.

Padahal Cilegon merupakan Kota Industri yang seharusnya bisa menyerap banyak tenaga kerja. Ada apa sebenarnya sehingga pengangguran di Kota Cilegon?

Baca Juga: Preview dan Link Live Streaming Borneo FC vs Persik Kediri Jumat 10 September 2021 Pukul 18.15 WIB

Wakil Ketua DPRD Kota Cilegon Nurottul Uyun mengungkapkan, keberadaan industri yang jumlahnya mencapai 100 industri seharusnya bisa mengatasi masalah pengangguran di Kota Cilegon

"Cilegon ini masyarakatnya hanya sekitar 400 ribuan tapi sangat disayangkan keberadaan 100 lebih industri yang hampir semua merupakan industri padat modal tidak mampu dimanfaatkan secara optimal dari sisi penyerapan tenaga kerja," katanya saat menjadi pembicara pada Webinar Politeknik PGRI Banten, Selasa, 7 September 2021.

Penyebabnya, lanjut Uyun, industri tersebut membutuhkan tenaga kerja ahli yang profesional dengan kemampuan yang tinggi sesuai bidang yang dibutuhkan industri.

Baca Juga: Waduh! Di 2026 Nanti Petani Bakal Hilang dari Banten

"Saat ini di Kota Cilegon masih banyak warganya yang hanya lulusan SMA sederajat bahkan SMP. Tentu saja itu tidak bisa terakomodir sesuai apa yang dibutuhkan oleh industri," ujar politisi asal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Untuk itu, dalam webinar yang mengangkat tema Quantum of Change, Uyun menyoroti pentingnya strata pendidikan tinggi sesuai kualifikasi yang menjadi kebutuhan industri.

Halaman:

Editor: Jermainne Tirta Dewa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Alumni SMPN 3 Cilegon Gelar Reuni Akbar

Senin, 14 Maret 2022 | 14:00 WIB
X