• Kamis, 9 Desember 2021

Polemik Lelang Jabatan Kepala DLH, Walikota Serang Angkat Bicara

- Jumat, 27 Agustus 2021 | 15:56 WIB
Walikota Serang Syafrudin (1)
Walikota Serang Syafrudin (1)

SERANG, BANTEN RAYA - Walikota Serang Syafrudin angkat bicara perihal lelang terbuka atau open bidding jabatan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Serang. Perdebatan muncul lantaran saat ini posisi tersebut masih diduduki oleh Ipiyanto yang masih aktif menjabat.


Syafrudin mengakui, secara etika pihaknya tidak mengundang Ipiyanto untuk melakukan musyawarah terkait jabatannya yang akan dilelang.


"Kalau kaitannya dengan etika memang benar tidak kita undang (Ipiyanto), tidak kita musyawarah dulu, karena saya kira memang itu sudah dilakukan oleh BKPSDM (Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia) atau Sekda," ujar Syafrudin, kepada bantenraya.com usai menghadiri acara kunjungan kerja spesifik Komisi VIII DPR RI di UIN SMH Banten, Ciceri, Kota Serang, Jumat (27/8/2021).


Ia menjelaskan, berdasarkan aturan lelang terbuka jabatan setara eselon II atau jabatan pimpinan tinggi (JPT) pratama bisa dilaksanakan enam bulan sebelum yang bersangkutan pensiun. Selain itu, rekomendasi komisi aparatur sipil negara (KASN) pun sudah turun.


BACA JUGA: Kepala DLH Kota Serang Kebingungan, Jabatannya Sudah Dilelang Sebelum Pensiun


"Jadi kalau menurut aturan itu enam bulan sebelum pensiun boleh di-open bidding. Hanya memang kata Pak Ketua Dewan soal etika saja," jelas dia.


Perihal permohonan DPRD Kota Serang agar lelang jabatan kepala DLH ditunda, Syafrudin mengaku pihaknya belum bisa memutuskan. Sebab, hal itu harus terlebih dahulu menggelar musyawarah bersama jajarannya.


"Ya itu memang permohonan dewan ke kami, tapi kami belum memutuskan nanti kami musyawarah dulu," katanya.


Mantan Kepala Dinas Perhubungan Kota Serang itu juga menerima masukan terkait adanya, adanya permohonan agar orang internal yang menduduki jabatan Plt kepala OPD. Sebab, jika orang dari luar DLH yang menjabat dikhawatirkan akan mengubah program yang sudah disusun.

Halaman:

Editor: Dewa

Tags

Terkini

X