• Sabtu, 21 Mei 2022

Kepala DLH Kota Serang Kebingungan, Jabatannya Sudah Dilelang Sebelum Pensiun

- Selasa, 24 Agustus 2021 | 09:09 WIB
IMG-20210106-WA0036
IMG-20210106-WA0036

SERANG, BANTEN RAYA- Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Serang Ipiyanto mengaku kaget dan kecewa ketika ia mengetahui jabatannya masuk ke dalam salah satu jabatan yang akan dilelang secara terbuka oleh Pemkot Serang, baru-baru ini. Padahal, ia sendiri baru akan memasuki masa pensiun pada 15 Oktober 2021 mendatang, atau sekitar tiga bulan kurang mendatang. Diketahui, ada tujuh jabatan yang kosong dan akan diisi melalui mekanisme open bidding.


“Ketika saya dapat informasi ini saya sempat kaget. Tiba-tiba seperti ini ada apa dengan saya?” kata Ipiyanto, Senin (23/8/2021).


Ipiyanto mengungkapkan, secara pribadi ia mengaku sangat kecewa dengan adanya open bidding jabatannya, sementara ia saat ini masih menjabat. Ia mengumpamakan kejadian ini seperti orang yang belum meninggal dunia, tetapi sudah disiapkan kuburannya. “Terus terang secara pribadi saya kecewa. Apa tidak ada penghargaan?” katanya mempertanyakan.


Ipiyanto menyadari memang tidak ada aturan yang dilanggar ketika Pemkot Serang membuka open bidding untuk jabatan yang akan kosong karena pejabatnya memasuki masa pensiun. Namun secara etika dan kepatutan, ia menilai seharusnya baik BKPSDM, Sekda, maupun kepala daerah menghargai perasaan bawahannya yang selama ini ikut bekerja dan berkontribusi pada pembangunan daerah.


BACA JUGA: Segera Buka Lelang Jabatan, Sekda Kota Serang: Tidak Ada Lagi Calon Datang ke Rumah


“Paling tidak saya diajak bicara dulu. Saya malah lebih suka kalau saya diajak bicara, lalu diminta pensiun dini daripada seperti ini,” katanya.


Ipiyanto menyatakan, ia sebagai manusia biasa sama seperti manusia lain yang mempunyai perasaan. Karena itu sudah sepantasnya diperlakukan seperti manusia yang memiliki persaaan. Dengan adanya kejadian ini maka banyak pihak yang bertanya ada apa dengan Ipiyanto, sehingga jabatannya masuk dalam open bidding, padahal orangnya sendiri masih aktif bekerja sebagai ASN?


“Saya tidak bicara dalam konteks regulasi karena kalau dari regulasi sah-sah saja. Saya hanya memohon kepada pimpinan, baik Kepala BKPSDM, Sekda, Pak Wali, dan Pak Wakil, untuk mempertimbangkan aspek sosial dan kemanusiaan,” katanya.


Ipiyanto menuturkan, ia akan memasuki usia pensiun pada 15 Oktober 2021 mendatang, sementara terhitung mulai tanggal (TMT) pensiun pada 1 November 2021. Ia memperkirakan pengumuman pejabat yang akan menduduki posisinya saat ini akan diumumkan saat ia masih menjabat sebagai kepala dinas, meski pun pergantiannya baru akan dilakukan saat ia sudah pensiun.

Halaman:

Editor: Dewa

Tags

Terkini

X