• Rabu, 20 Oktober 2021

Gempa Magnitudo 5,5 Guncang Selat Sunda, Tidak Berpotensi Tsunami

- Jumat, 6 Agustus 2021 | 18:59 WIB
gempa
gempa

SERANG, BANTEN RAYA- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat telah terjadi gempa tektonik di Selat Sunda, Jumat (6/8/2021) sekitar pukul 18.08 WIB. Meski demikian, gempa tersebut tak berpotensi tsunami.


Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Klas 1 Tangerang Urip Setiyono mengatakan, wilayah Selat Sunda diguncang gempa tektonik pada hari ini pukul 18.08.17 WIB. Hasil info pendahuluan BMKG menunjukkan gempa bumi ini berkekuatan magnitudo 5,5 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi 5,3.


“Episenter gempabumi terletak pada koordinat 6,43° LS; 104,57° BT  atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 106 km arah Selatan Kota Agung, Kabupaten Tanggamus, Lampung pada kedalaman 63 km,” ujarnya kepada bantenraya.com.  


Ia menegaskan, hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.  Hingga pukul 18:31 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock .


Urip mengimbau, kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Selanjutnya agar warga menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.


Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa. Pastikan  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali kedalam rumah.


“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi. Instagram/Twitter @infoBMKG, website  di http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id. Telegram channel  di https://t.me/InaTEWS_BMKG atau melalui Mobile Apps  di IOS dan Android di  wrs-bmkg atau infobmkg. (dewa)

Editor: Dewa

Terkini

Rp7 Miliar untuk Pembongkaran Masjid Agung Ats Tsauroh

Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:00 WIB
X