• Selasa, 18 Januari 2022

Dampak PPKM Cilegon, Kasus Curanmor Turun tapi Kecelakaan Meningkat

- Jumat, 6 Agustus 2021 | 10:07 WIB
Penutupan jalan
Penutupan jalan

CILEGON, BANTEN RAYA - Polres Cilegon bersama Pemkot Cilegon dan Kodim 0623 Cilegon terus melakukan penyekatan di Pelabuhan Merak  Penyekatan di masa pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat diklaim membuat angka kriminalitas kriminalitas di Kota Cilegon turun.


Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono mengatakan, selama PPKM Darurat hingga ke PPKM Darurat Level 4, angka kriminalitas di Kota Cilegon menurun. Pada Juni 2021, tindak kriminalitas di wilayah hukum Polres Cilegon sebanyak 57 kasus. Sementara, pada Juli 2021 ada 30 kasus. Kriminalitas didominasi kasus narkotika, pencurian dengan pemberatan (curat) dan pencurian sepeda motor (curanmor). 


"Untuk kecelakaan lalu lintas, justru meningkat saat PPKM Darurat. Pada Juni 2021 ada 6 kasus kecelakaan, dan pada Juli 2021 13 kecelakaan. Korban meninggal dunia akibat kecelakaan pada Juni 2021 1 orang, korban meninggal dunia 9MD)akibat kecelakaan lalu lintas pada Juli 2021 ada 5 orang," kata Sigit ditemui awak media di Polres Cilegon, kemarin. 


Sigit menjelaskan, angka kriminalitas menurun sejak diberlakukannya PPKM darurat awal Juli lalu. Beberapa faktor berkurangnya angka kriminalitas, lantaran adanya penyekatan di beberapa titik oleh petugas kepolisian bersama Pemkot Cilegon dan TNI.


BACA JUGA: PPKM Level 4 Diperpanjang Hingga 9 Agustus, Wakil Walikota Cilegon: Sebenarnya Kami Berat Hati


"Penyekatan bisa mencegah angka kriminalitas. Selain itu, patroli PPKM Darurat yang semakin masif, juga bisa menekan angka kriminalitas," kata mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI ini. 


Sigit mengakui, pada masa PPKM Darurat, perekonomian warga terdampak. Namun, di lapangan angka kriminalitas menurun. "Kita ambil contoh curanmor, itu menurun. Bisa jadi, karena ada penyekatan di titik perbatasan, jadi pelaku curanmor sulit untuk melarikan kendaraan ke luar Kota Cilegon," tuturnya. 


Dikatakan, PPKM Darurat Level 4 di Kota Cilegon diperpanjang hingga 9 Agustus mendatang. Sigit mengaku, pihaknya akan tetap melakukan patroli PPKM Darurat untuk menekan mobilitas warga dan mengurangi penularan Covid-19.


Saksikan Podcast Meja Redaksi di Banten Raya Channel

Halaman:

Editor: Dewa

Tags

Terkini

X