• Jumat, 12 Agustus 2022

Pandangan Nabi Muhammad Kala Mengetahui ada KDRT Menurut Ahli Hadis UIN Syarif Hidayatullah Dr. Atiyatul Ulya

- Kamis, 3 Februari 2022 | 07:15 WIB
Ahli Hadis Perempuan UIN Syarif Hidayatullah Dr. Atiyatul Ulya (Tangkapan layar Twitter)
Ahli Hadis Perempuan UIN Syarif Hidayatullah Dr. Atiyatul Ulya (Tangkapan layar Twitter)

BANTENRAYA.C0M – Belakangan isu KDRT (kekerasan dalam rumah tangga) hangat diperbincangkan.

Salah satu pangkalnya adalah isi ceramah Ustadzah Oki Setiana Dewi soal sikap perempuan yang tidak menceritakan kepda orang lain kala mengalami KDRT sama dengan menutup aib.

Soal ini, ahli hadis perempuan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta, Dr Atiyatul Ulya berbeda pandangan.

Baca Juga: Positif Covid Naik Jadi 120 Orang, Apel Pagi ASN Ditiadakan Lagi

Dilansir dari video pendek ceramah Dr Atiyatul Ulya di kanal Youtube Bincang Syariah sebagaimana dilihat bantenraya.com pada Kamis 3 Januari 2022, Dr Atiyatul Ulya menyebut bahwa pasa zaman Nabi kekerasan pada perempuan sudah ada.

Waktu itu (saat zaman Nabi) kata Dr Atiyatul Ulya, sahabat nabi dari kalangan perempuan, Asma, diriwayatlan melakukan protes kepada nabi karena ada perempuan diperlakukan kasar oleh para suaminya. “Mereka langsung datang ke rumah Nabi untuk menyampaikan kekerasan pada perempuan,” jelas Dr Atiyatul Ulya.

Apa yang mereka lakukan? Mereka melaporkan perlakuan kasar yang mereka terima dari para suaminya, mereka mengadukan kepada Nabi yang kemudian dalam riwayat itu dikatakan.

Baca Juga: Tidak Setuju dengan Isi Ceramah Ustadzah Oki Setiana Dewi, Gus Nadirsyah Hosen: Itu Bukan Aib Tapi KDRT 

Sungguh para perempuan itu telah melakukan demonstrasi atau mengelilingi rumah keluarga Nabi dan mereka mengadukan perlakuan kasar para suaminya kepada Nabi sehingga kemudian Nabi memberikan peringatan kepada suami-suami itu, Nabi mengatakan kepada mereka

“Sebaik-baik kalian adalah yang paling berperilaku baik kepada keluarga dan saya adalah orang yang paling berperilaku baik kepada keluarganya.” ***

Halaman:

Editor: Muhaemin

Sumber: YouTube

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X