• Jumat, 27 Mei 2022

Niat dan Tata Cara Salat Jenazah Perempuan dan Laki-laki dari Ustadz Abdul Somad

- Sabtu, 22 Januari 2022 | 19:00 WIB
Berikut ini Ustdaz Abdul Somad berikan bacaan niat dan tata cara salat jenazah baik perempuan maupun laki-laki. (Tangkapan layar YouTube TAMAN SURGA. NET)
Berikut ini Ustdaz Abdul Somad berikan bacaan niat dan tata cara salat jenazah baik perempuan maupun laki-laki. (Tangkapan layar YouTube TAMAN SURGA. NET)

BANTENRAYA.COM - Ustadz Abdul Somad memberi panduan untuk bacaan niat dan tata cara salat jenazah yang memiliki hukum fardhu kifayah.

Artinya, kewajiban muslim akan gugur jika ada yang melaksanakan atau mewakilinya sehingga bacaan niat dan tata cara salat jenazah harus dipahami. 

Bacaan niat dan tata cara salat jenaah ini bisa dipelajari setiap saat. Salat jenazah juga sesuai dengan hadist riwayat Bukhari dan Muslim yang berbunyi:

Baca Juga: Putus dari Thariq Halilintar, Chandrika Chika Kembali Dekati Dimas Ahmad?

"Barangsiapa yang menyaksikan jenazah sampai ia menyolatkannya, maka baginya satu qiroth,".

"Lalu barang siapa yang menyaksikan jenazah hingga dimakamkan, maka baginya dua qiroth,".

"Ada yang bertanya, apa yang dimaksud dua qiroth? Rasulullah SAW lantas menjawab, 'Dua qiroth itu semisal dua gunung yang besar," (HR. Bukhari Nomor. 1325 dan Muslim nomor 945) 

Baca Juga: Akun Instagram Miliknya dan Emma Waroka Kena Hack, Marissya Icha: Alfatihah!

Sebelum mengerjakan salat jenazah, hal pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah niat.

Niat menjadi rukun dari salat jenazah, oleh karena itu tidak sah salat jenazah seseorang jika tidak diawali dengan niat.

Halaman:

Editor: Jermainne Tirta Dewa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X