• Jumat, 1 Juli 2022

Dokter Zaidul Akbar Wanti Wanti Jangan Sering Cuci Tangan Pakai Sabun karena Akan Mengakibatkan..

- Jumat, 1 Oktober 2021 | 06:45 WIB
Dokter Zaidul Akbar menjelaskan mengenai dampak dari terlalu sering mencuci tangan dengan sabun.  (Tangkapan layar Youtube dr .Zaidul Akbar Official)
Dokter Zaidul Akbar menjelaskan mengenai dampak dari terlalu sering mencuci tangan dengan sabun. (Tangkapan layar Youtube dr .Zaidul Akbar Official)

BANTENRAYA.COM - Sejak adanya Covid-19, kita dianjurkan untuk sering cuci tangan pakai sabun atau disinfektan yang dikomentari Dokter Zaidul Akbar.

Namun, sering cuci tangan pakai sabun juga ternyata tidak baik bagi kesehatan kulit tangan kata Dokter Zaidul Akbar.

Ia menceritakan hal itu dalam YouTube Zaidul Akbar Official berjudul 'Ketidaksinkrongan Bakteri Mulut' yang diunggah pada Kamis, 30 September 2021.

Baca Juga: Jadwal dan Sinopsis Bioskop Trans TV Jumat 1 Oktober 2021, American Renegades

"Saya berpesan sih jangan terlalu sering mencuci tangan cuci pakai sabun dengan disnfektan yang mengandung bahan-bahan kimia, terutama pembersih-pembersih yang memberikan kulit kita," kata Zaidul Akbar.

Menurut Zaidul Akbar, jika sering cuci tangan pakai sabun atau disinfektan bisa terjadi dysbiosis, yakni ketidakseimbangan bakteri atau kuman pada tangan.

Hal itu, kata Zaidul Akbar, justru bisa menyebabkan sakit.

Baca Juga: Perpanjang SIM Bisa Sambil Rebahan, Pakai Aplikasi SINAR Ala Korlantas Polri

"Karena di kulit tangan kita ada kumannya, kalau dibunuh dengan disinfektan tadi, kecuali mau operasi, itu lain cerita. Jadi ketika mereka (bakteri) tidak seimbang lagi maka akan muncul (tanda-tanda penyakit) di permukaan kulit, masuk di badan kita. Itu salah satu caranya, jadi sabun-sabun juga bahaya. Saran saya, cari sabun yang sehat, begitu. Kemudian juga sampo, belum lagi kosmetik," tegasnya.

Halaman:

Editor: M Hilman Fikri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X