• Kamis, 9 Desember 2021

Ketua Perkemi Banten Sebut Menggembleng Mental Atlet Bukan Perkara Mudah

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 15:00 WIB
Ketua Perkemi Banten AKBP Dr. Dewa Wijaya, SH. MH  dan jajaran menyambut kedatangan atlet kempo Banten di Bandara Soetta (Foto Perkemi Banten untuk Bantenraya)
Ketua Perkemi Banten AKBP Dr. Dewa Wijaya, SH. MH dan jajaran menyambut kedatangan atlet kempo Banten di Bandara Soetta (Foto Perkemi Banten untuk Bantenraya)

BANTEN RAYA.COM - Ketua Perkemi Banten AKBP Dr. Dewa Wijaya, SH. MH menyatakan, melatih dan menjaga kondisi fisik atlet agar siap bertanding dan tetap fit, memang tidak mudah.

Namun yang jauh lebih berat kata Dewa adalah memelihara kondisi mental mereka agar bisa memberi performa terbaik di medan laga.

Ungkapan Ketua Perkemi Banten ini disampaikannya saat memimpin penyambutan Tim Cabor Shorinji Kempo yang baru saja kembali dari gelaran PON XX Papua di Bandara Soeta Senin 18 Oktober 2021 lalu.

Baca Juga: Pidato Bung Karno di Peringatan Maulid Nabi, Menggelegar dan Membuat Muslimin Makin Cinta Nabi Muhammad SAW

Agenda penyambutan itu dikhususkan bagi Atlet Kempo Banten Feric Julianto dan dua orang pelatihnya, Kusnadi dan Yudhijawan.

Diketahui bahwa mereka berhasil merebut medali perak pada nomor Randori Kelas 65 Kg Putra.

Dewa menjelaskan bahwa untuk melatih kesiapan fisik atlet, tentu dilakukan penggemblengan fisik dengan teknik yang tepat dan akurat. Penyiapan nutrisi dan vitamin yang proporsional juga sangat penting bagi vitalitas fisiknya.

 "Namun jangan lupa kesiapan mental juga adalah modal besar untuk meraih prestasi. Dan urusan mental ini sangat tidak mudah," sambung pria yang memiliki banyak pengalaman dalam pengaturan pasukan tempur diluar dan ditubuh Polri tersebut.

Baca Juga: Sapi Limosin Presiden Jokowi Jadi Hadiah di Panjang Mulud Kota Cilegon, Harganya Rp370 Juta

"Rumus yang bisa kami gunakan untuk memupuk mental atlet hampir serupa dengan pasukan. Apapun caranya, pasukan harus memiliki ikatan bathin yang kuat dengan komandannya. Ikatan bhatin ini baru akan terjalin baik saat kita semua sudah merasa sebagai satu keluarga," jelas Dewa.

Halaman:

Editor: Muhaemin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

20 Wasit Futsal Pandeglang Ikut Pelatihan Level 2

Senin, 6 Desember 2021 | 06:30 WIB
X