Crime News

Siswi SMA Ditemukan Tewas Mengenaskan

News image

SERANG – Siti Marhatusholikhat (18), warga Kampung Cibuah, Desa Cikeusal, Ke...

Hukum & Kriminal | Jumat, 15 Desember 2017 | Klik: 33 | Komentar

Baca

Kabur ke Hutan, Pencuri Ditembak Polisi

News image

LEBAK - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Lebak menembak dua da...

Hukum & Kriminal | Selasa, 7 November 2017 | Klik: 256 | Komentar

Baca

Uang ATM Ratusan Juta Dibobol Maling

News image

PANDEGLANG – Sebuah minimarket di jalan Pandeglang-Serang, Kampung Cigadung, Kelurahan Ci...

Hukum & Kriminal | Jumat, 3 November 2017 | Klik: 276 | Komentar

Baca


WH Kembali Usulkan Maja Jadi Ibukota RI


LEBAK - Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Mochamad Basuki Hadimoeljono meresmikan proyek kota terpadu Citra Maja Raya (CMR) di Kecamatan Maja. Hadir pula dalam acara tersebut Gubernur Banten Wahidin Halim dan Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya.

Menurut Basuki, pemerintah pusat, provinsi, kabupaten mempunyai nota kesepahaman untuk mengembangkan Kota Baru Maja. "Jadi bukan hanya Citra Maja Raya ini saja, tapi Kota Baru Maja sebagai kota mandiri di sebelah barat Kota Jakarta. Untuk menahan laju urbanisasi supaya orang gak perlu ke Jakarta makanya kita kembangkan Kota Maja ini,” katanya usai meresmikan perumahan CMR, Sabtu (18/11).

Menurut Basuki, rencana pengembangan Kota Maja sebetulnya sudah lama sekali. Maja menjadi salah satu dari 10 kota-kota baru yang akan dikembangkan di Indonesia, termasuk Tanjung Selor di Kalimantan Utara. “Di sini pengembang merencanakan 2.000 hektar. Kami dan Menhub datang untuk mendukung, bukan hanya Citra Maja Raya saja, tapi secara umum untuk Kota Mandiri Maja,” katanya.

Jika rampung dibangun, perumahan CMR akan dihuni sebanyak 1,2 juta jiwa. Banyaknya jumlah penduduk mendorong pemerintah menyediakan transportasi massal yang murah dan mudah terjangkau. “Makanya nanti stasiun kereta api Maja akan dipindahkan karena lahan di sana sudah sempit dan sebagai penggantinya akan di cari lahan mendekati kawasan pengembangan ini. 

Di Kota Baru Maja ini nanti ada akses tembusan tol Serpong-Balaraja, yang dikembangkan oleh swasta sudah mau dibangun dan akan selesai cepat sekali mungkin di 2018-2019 sudah selesai karena tanahnya milik pengembang sendiri,” katanya.

Menhub RI Budi Karya Sumadi menambahkan Kota Baru Maja memudahkan aksebilitas jalan tol dan kereta api. "Tidak hanya itu tetapi membuat Maja tidak bergantung ke Jakarta. Kota Maja memberikan kesempatan anak muda di sini untuk mempunyai aktivitas baru,” katanya.

Gubernur Banten Wahidin Halim menilai, keberadaan CMR akan membangkitkan ekonomi masyarakat. "Bila perlu Ibukota Jakarta pindahkan saja ke Maja,” katanya.Direktur Utama PT  Ciputra Residence, Budiarsa Sastrawinata menuturkan, Proyek CMR merupakan proyek joint operation antara PT Ciputra Residence, PT Hanson International Tbk, dan PT Putra Asih Laksana yang dimulai sejak 2015.

"Untuk memenuhi kebutuhan perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dengan konsep TOD (transit oriented development) yaitu pengembangan kawasan berbasis kepada sistem transportasi massal sudah dilengkapi kereta api commuter line dan stasiun lebih nyaman,” katanya.

“Hingga saat ini CMR sedang membangun 10.000 unit rumah termasuk di dalamnya 8.000 unit di khususkan untuk MBR. Selain itu CMR akan segera bangun 1.000 unit rumah MBR subsidi dengan fasilitas likuditas pembiyaan perumahan (FLPP) yang disediakan pemerintah,” katanya. (purnama)


Beri komentar


Security code
Refresh